Blusukan ke Kampung Lawas Maspati

Blusukan ke Kampung Lawas Maspati

-Riski Hapsari untuk Harian Disway-

Kini, blusukan di Surabaya menyenangkan. Saya merasakannya saat mengunjungi Kampung Lawas Maspati. Kampung itu kini makin dikenal sebagai salah satu kampung wisata andalan di Surabaya.

Lokasinya ada di sekitar Tugu Pahlawan Surabaya. Merupakan kawasan Surabaya lama yang hits pada masanya. Kampung itu menyajikan sejarah Surabaya zaman kolonial. Sejumlah bangunan bersejarah dipertahankan sebagai daya tarik utama. 

Sejak diresmikan oleh Wali Kota Tri Rismaharini pada 2016 lalu, baru kali ini saya mengunjunginya.

Kampung wisata ini terealisasi berkat usaha warga di kampung. Tak heran mereka ramah sekali menyambut siapa saja yang datang.

Di kampung merupakan sasaran Program Bina Lingkungan dan Kemitraan PT Pelindo III itu saya mengitarinya sampai ke sudut-sudut. Tak hanya menikmatinya, saya sekalian nostalgia. Terkenang saat membeli jajanan masa kecil Krip Krip sambil berlari-lari.

 

 

Di sekitar daerah inilah dulu saya melewatkan masa kecil dengan gemilang penuh kenangan. Yang haru, saya bertemu Bu Santoso. Salah seorang warga di daerah itu yang ternyata masih kenal almarhum nenek saya. Bahkan masih menyimpan resep masakan dari buku-buku buatan eyang putri.

 

 

Melihat kampung ini begitu layak dijual sebagai destinasi wisata kota, saya banyak berharap. Semoga sektor pariwisata semakin pulih ya agar makin banyak orang yang jalan-jalan mengunjungi. Yuk, sempatkan datang ke sini ya. Inilah Surabaya. (Riski Hapsari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: