Val Kilmer Memohon untuk Jadi Iceman di Top Gun: Maverick

Val Kilmer Memohon untuk Jadi Iceman di Top Gun: Maverick

PENAMPILAN Val Kilmer sebagai Iceman di Top Gun versi 1986 (kiri) dan ketika sudah menjadi laksamana di Top Gun: Maverick. -Paramount Pictures Studios-

VAL KILMER menjadi salah seorang cast orisinal Top Gun yang dihadirkan kembali dalam Top Gun: Maverick. Dalam Top Gun versi 1986, ia memerankan Tom ’’Iceman’’ Kazansky. Pilot congkak sekaligus saingan terberat Letnan Pete ’’Maverick’’ Mitchell yang diperankan Tom Cruise.

Sejatinya, sutradara Joseph Kosinski tidak memanggil Kilmer untuk kembali memerankan Iceman. Ia ingin membuat cerita baru. Yang tidak melulu terkait dengan masa lalu Maverick. Namun, ada dua orang yang memaksa dan memohon produser Jerry Bruckheimer untuk menyertakan VAL KILMER. Yang memaksa adalah Tom Cruise. Yang memohon adalah VAL KILMER.  

VAL KILMER mengaku sangat menikmati proses pembuatan Top Gun. ’’Seluruh pengalamanku dengan film itu sangat indah. Dan sekarang, butuh 36 tahun untuk mewujudkan film ini (Top Gun: Maverick, Red),’’ paparnya kepada Metro. ’’Ada begitu banyak momentum yang membuat proses penciptaan film ini sangat spesial, sangat unik,’’ lanjutnya.  

Di antara semuanya, VAL KILMER juga sangat enjoy bekerja bareng Tom Cruise. Meskipun, di film, karakter mereka bermusuhan. ’’Ia adalah aktor yang benar-benar aku kagumi. So, menjalani banyak proses bersamanya sangatlah mengagumkan,’’ tutur aktor 64 tahun tersebut.  


VAL KILMER dipapah sang putri, Mercedes, menghadiri sebuah acara pada 2019 (kanan).-Michael Tullberg-Getty Images via AFP

Val Kilmer sempat ngetop pada dekade 90an dan 2000an. Ia membintangi berbagai judul blockbuster. Seperti Tombstone, Kiss Kiss Bang Bang, dan The Doors. Ia bahkan memerankan Batman dalam Batman Forever. Namun, ia terpaksa berhenti bekerja lantaran didiagnosa menderita kanker tenggorokan pada 2017.  

Saat syuting Top Gun: Maverick berlangsung, Kilmer masih menjalani perawatan. Ia sulit berbicara. Maka, tim penulis harus berpikir keras bagaimana menampilkan Val Kilmer dalam scene yang emosional. Tapi tanpa melibatkan banyak dialog. Namun, kerja kerasnya terbayar lunas jika Anda menyaksikan Maverick.

’’Tom (Cruise) adalah Maverick. Tapi musuh bebuyutan Maverick adalah Iceman. Keduanya sangat serasi seperti garam dan lada,’’ tulis Kilmer dalam memoirnya, I’m Your Huckleberry, yang dikutip People. ’’Enggak masalah kalau para produser tidak mengontakku. Seperti lagu The Temptations di zaman kejayaan soul Motown, ’Enggak terlalu sombong untuk memohon’,’’ tegasnya. (*)

Sumber: people.com