Patriot Covid

Patriot Covid

Begitu banyak patriot di negeri ini. Orang-orang yang dengan sukarela membantu orang lain. Saat banyak orang terpuruk karena terpaan pandemi Covid-19. Kami telah membuktikannya. Pekan lalu kami meminta masyarakat mengusulkan patriot Covid-19 versi mereka. Tidak ada kriterianya. Bebas.

Sambutan masyarakat luar biasa. Hingga batas waktu pengiriman, 11 Agustus 2021, ada 272 e-mail yang masuk. Meski sudah melewati batas waktu, usulan terus masuk ke e-mail redaksi Harian Disway. Ada lebih dari 200 nama patriot yang diusulkan publik. Ada yang satu nama diusulkan beberapa orang.

Tentu tidak semua bisa kami tampilkan. Kami hanya memilih 17 patriot Covid-19. Bukan berarti 17 orang ini lebih hebat daripada 200-an nama lainnya. Hampir semua nama patriot yang diusulkan punya jejak langkah yang mengagumkan.

Namun, kami sudah memutuskan sejak awal untuk memilih 17 nama saja. Mengapa? Alasannya sederhana, karena untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. Selain itu, karena founder kami, Dahlan Iskan, secara administratif berulang tahun pada 17 Agustus. Juga, memperingati Ulang Tahun Ke-60 Bank Jatim yang juga jatuh pada 17 Agustus. Kami bekerja sama dengan Bank Jatim dalam program patriot Covid-19 ini. Intinya, 17 adalah angka keramat.

Akhir pekan ini, 17 patriot Covid-19 kami undang untuk berdialog dengan founder Harian Disway Dahlan Iskan dan Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman. Kami sedang mencari waktu yang pas agar semua bisa hadir. Tentu ini bukan pertemuan fisik. Di masa pandemi plus masih diperpanjangnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), tentu kami memilih pertemuan secara virtual.

Dalam pertemuan nanti, para patriot akan kami minta untuk menceritakan kisah mereka. Harapannya, makin banyak orang yang terinspirasi dengan virus kebaikan yang dilakukan para patriot tersebut.

Perlu dicatat, 17 patriot Covid-19 yang kami umumkan hanyalah untuk Jawa Timur. Setelah ini, kami ingin membuka lagi untuk level nasional. Tentu akan lebih banyak lagi dan dengan aksi-aksi yang lebih bervariasi. Tentu kami akan menunggu momentumnya. Bisa Hari Kesaktian Pancasila, Hari Sumpah Pemuda, atau Hari Pahlawan.

Indonesia membutuhkan banyak patriot di era pandemi. Masih banyak warga yang membutuhkan bantuan. Tidak semuanya bisa ditangani negara. Banyak yang bisa dilakukan untuk menolong orang lain. Dengan keahlian masing-masing, kemampuan masing-masing, dan jaringan yang dimiliki masing-masing.

Selamat kepada para patriot Covid-19 Jatim yang terpilih. Terima kasih atas apa yang Anda lakukan selama ini. Selamat HUT Ke-76 Kemerdekaan Indonesia. Selamat Ulang Tahun Ke-60 Bank Jatim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: