Simu Liu Tak Terima Shang-Chi Disebut Eksperimen

Simu Liu Tak Terima Shang-Chi Disebut Eksperimen

JURAGAN mah bebas. Katanya begitu. Tapi, tidak jika sang juragan berhadapan dengan Simu Liu. Bintang Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings itu menantang kata-kata CEO Disney Bob Chapek. Yang menyebut Shang-Chi—film superhero Asia pertama yang dirilis Marvel Studios—sebagai ’’eksperimen menarik’’. 

Hanya beberapa jam setelah ucapan Chapek viral, Liu langsung merespons. ’’Kami bukan ’eksperimen menarik’. Kami adalah si underdog. Yang tidak diunggulkan. Yang diremehkan. Kami pendobrak langit-langit. Kami adalah perayaan kebudayaan dan kegembiraan yang luar biasa setelah tahun yang penuh pergulatan. Kami adalah kejutan.’’

Begitulah yang ditulis Liu di Twitter. ’’Aku sangat berapi-api untuk mencetak sejarah pada 3 September. AYO GABUNG.’’ Aktor kelahiran Kanada itu menambahkan.

Sebenarnya, Chapek tidak sedang rasis. Ia bicara bisnis. Shang-Chi adalah film Disney perdana yang dirilis eksklusif di bioskop. Tepatnya pada 3 September mendatang. Murni di layar lebar. Tidak dibarengi rilis di layanan streaming. Film tersebut baru keluar di Disney+ 45 hari setelah theatrical release. Itulah yang dimaksud eksperimen.

Sejak pandemi, Disney belum pernah merilis film di bioskop berdekatan dengan streaming. Selalu berbarengan. Alhasil, pendapatan box office-nya tidak maksimal. Namun—harus diakui—kata-kata Chapek tidak enak didengar. Seolah-olah ia menganggap Shang-Chi adalah kelinci percobaan semata di box office.

AKSI SIMU LIU dalam Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings yang bakal tayang 3 September mendatang.  

Sebelum rilis, Shang-Chi sudah mencetak serentetan sejarah. Ia adalah film superhero Marvel perdana, yang seluruh cast-nya keturunan Asia. Selain Liu, ada Michelle Yeoh, Awkwafina, Tony Leung, Fala Chen, dan sebagainya. Semua legend di dunia hiburan Asia.

Selain itu, ia merupakan film Marvel pertama dalam beberapa tahun terakhir yang memperkenalkan supehero baru. Seperti halnya Iron Man dan Captain America. Shang-Chi belum pernah dikeluarkan di film-film Marvel yang lain. Dan Shang-Chi adalah film Marvel perdana setelah Avengers: Endgame (2019) yang dirilis eksklusif di bioskop.

Liu kemarin menghadiri premiere Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings di Los Angeles. Ia sama sekali tidak mengungkit pernyataan Chapek. Ia hanya bilang sangat gembira film monumental ini akhirnya dirilis. Pada era ketika kebencian terhadap ras Asia merebak di AS.

Ia juga menceritakan serunya adegan aksi dalam film yang disutradarai Destin Daniel Cretton tersebut. ’’Pesanku, buat kalian yang kepingin jadi aktor laga, atau superhero, atau stuntman sekalipun: jangan remehkan pentingnya stretching,’’ kata Liu, lantas tertawa. ’’Habis latihan bela diri, lalu berakting, rasanya tidak apa-apa. Besoknya, aku enggak bisa bangun dari tempat tidur,’’ imbuhnya sambil meringis. (Retna Christa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: