Locatelli Jadi Milik Bianconeri

Locatelli Jadi Milik Bianconeri

INILAH akhir dari saga transfer Manuel Locatelli. Gelandang berkebangsaan Italia itu akhirnya bergabung dengan Juventus. Locatelli telah menyelesaikan tes medis di J Medical kemarin (18/8). Ia menjadi rekrutan kedua tim berjuluk Si Nyonya Tua itu di bawah komando pelatih anyar Massimiliano Allegri.

Kepindahan Locatelli ke Juventus melalui proses yang panjang dan memakan banyak waktu. Pemain 23 tahun itu sebenarnya sempat dikaitkan dengan dua klub Inggris, yakni Arsenal dan Liverpool. Keduanya terpikat dengan performa Locatelli yang berhasil membawa tim nasional Italia juara Euro 2020.

Namun, Locatelli tidak memiliki keinginan untuk berkarier di luar Italia. Hatinya sudah tertambat di Juventus. Hanya, proses transfer ke Turin tidak semudah yang dibayangkan. Biaya transfer menjadi ganjalan. Juve ngotot ingin meminjam Locatelli terlebih dahulu. Kemudian, jika performanya sesuai, mereka akan membelinya secara permanen.

Sebenarnya itu adalah modus operandi lama. Juve sudah sangat sering melakukan jurus tersebut. Memang ada klub yang menolak. Tapi, kebanyakan klub akhirnya terbuai dengan penawaran yang diberikan Juventus. Nah, Sassuolo termasuk yang kepala batu. Mereka mendesak Juve untuk membayar Locatelli secara kontan.

Setelah berminggu-minggu berpegang teguh dengan pendirian itu, pertahanan Sassuolo akhirnya jebol. Mereka menyerahkan Locatelli ke Juventus. Mantan pemain AC Milan tersebut dikontrak hingga Juni 2026. Locatelli akan berstatus pinjaman pada dua musim pertama. Di akhir masa peminjaman itu, Juve harus membayar 35 juta euro ke Sassuolo.

Kehadiran Locatelli makin memperkaya opsi di lini tengah Bianconeri, sebutan Juventus. Khususnya di posisi gelandang bertahan. Locatelli tak ubahnya reinkarnasi. Selain jago menghalau serangan lawan, pesepak bola kelahiran Lecco tersebut memiliki umpan terukur yang memanjakan para penyerang.

Sementara itu, Locatelli menjadi pemain kedua yang bergabung dengan Juventus kemarin. Beberapa jam sebelumnya, Juventus memperkenalkan striker anyar asal Brasil, yakni Kaio Jorge. Pesepak bola 19 tahun itu didapatkan dari Santos secara gratis. Ia menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2026. (Muhammad Syafaruddin)

Sumber: