Rela Dipinjamkan demi Tambah Jam Terbang

Rela Dipinjamkan demi Tambah Jam Terbang

TRANSFER pemain menjadi kabar yang paling dinantikan para penggemar selama musim panas ini. Juga, di musim dingin Januari nanti. Kepindahan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG), misalnya. Bagitu menguras emosi, bahkan air mata. Khususnya bagi pendukung Barcelona. PSG tentu saja diuntungkan. Sebab, mereka tak perlu membayar biaya transfer ke Barca untuk merekrut La Pulga.

Dari Inggris, Chelsea dan Manchester City berbelanja pemain mahal untuk melengkapi skuadnya. The Blues –julukan Chelsea– menebus Romelu Lukaku dari Inter Milan seharga 115 juta euro. City juga tidak kalah royal. Mereka membayar 117 juta euro ke Aston Villa demi mendapatkan Jack Grealish. Pemain tim nasional Inggris itu merupakan salah seorang pemain idaman Manajer Pep Guardiola.

Kini publik masih menunggu hasil akhir dari saga transfer Harry Kane. Laiknya remaja kasmaran, Kane ngebet pindah ke City. Ia ingin menjadi suksesor Sergio Aguero di tim berjuluk The Citizens itu. Keinginannya memang masuk akal. Pindah ke City akan membuka peluangnya untuk meraih piala. Sesuatu yang susah diraih jika Kane bertahan di Tottenham Hotspur. Hanya, Spurs ngotot ingin mempertahankan striker utamanya itu.

Tidak sekadar jual beli, bursa transfer kali ini juga diramaikan dengan perpindahan pemain dengan status pinjaman. Chelsea termasuk klub yang paling sering dan paling konsisten meminjamkan pemain dalam jumlah besar. Klub asal London itu memang memiliki skuad yang sangat gemuk. Agar mendapat jam terbang, para pemain harus dipinjamkan.

Sejauh ini, tim polesan Thomas Tuchel itu sudah "menyekolahkan" 13 pemain. Beberapa di antaranya bahkan sudah punya nama. Misalnya, striker Michy Batshuayi yang dikirim ke klub Turki, Besiktas. Kemudian, gelandang Kenedy dipinjamkan ke Flamengo. Tiemoue Bakayoko juga segera meninggalkan Stamford Bridge untuk gabung AC Milan. Lalu, Emerson Palmeri dipinjamkan ke Lyon dan Davide Zappacosta ke Fiorentina atau Atalanta.

Tim Inggris lainnya, Manchester United (MU), juga melonggarkan kamar ganti dengan meminjamkan pemainnya ke tim lain. Tim berjuluk Setan Merah sudah "menyekolahkan" sembilan nama. Amad Diallo, Phil Jones, dan Andreas Pereira bakal menyusul dalam waktu dekat. Amad dipinjamkan ke Sheffield United dan Pereira bergabung dengan Flamengo. Kemudian, Jones dikaitkan dengan Newcastle United.

Dipinjamkan ke tim lain menjadi opsi terbaik untuk pemain maupun klub. Bagi pemain, jika mereka lebih sering duduk manis di bangku cadangan, pindah dengan status pinjaman adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak jam terbang. Sedangkan untuk klub, meminjamkan pemain dapat mereduksi jumlah pengeluaran klub. Terutama masalah gaji.

"Mereka harus bermain, itulah yang terpenting. Peminjaman yang baik adalah pinjaman untuk bermain. Tidak masalah jika tim yang meminjam itu sedang berjuang untuk promosi atau menghindari degradasi. Mau bermain di dalam negeri atau di luar negeri, yang jelas mereka harus bermain. Itulah yang terpenting," terang pelatih kondang Jose Mourinho ke MUTV terkait alasan meminjamkan pemain pada 2018. (Muhammad Syafaruddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: