Kontainer Tak Masuk Akal

Kontainer Tak Masuk Akal

EKSPOR Indonesia sedang terancam. Pengusaha ekspor menjerit. Barang yang dikirim ada. Namun, harga sewa kontainernya semakin mahal karena langka. Naiknya pun semakin tidak masuk akal.

”Amerika yang biasanya USD 2 ribu, sekarang sudah USD 22 ribu,” ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Jatim Arief Tejo kemarin (23/8). Naiknya sampai 1.100 persen.

Kondisi ini sebenarnya pernah terjadi tahun lalu. Saat negara-negara melakukan lockdown, perdagangan dunia kacau. Peredaran kontainer pun terganggu dan mengakibatkan kelangkaan.

Kelangkaan kontainer tahun lalu mencapai puncaknya pada September-Desember. Biaya muat kapal di berbagai negara naik 400-600 persen.

Rupanya tahun ini keadaan lebih parah. Selain harga yang tinggi, ternyata space kontainer ke negara penghubung seperti Singapura, sedang penuh. “Misalnya ke India. Meskipun harga tinggi, mereka tetap tidak mau menerima karena tempatnya sudah tidak ada. Semua yang ke India di-stop,” kata direktur utama PT Puma Logistics Indonesia itu.  (Salman Muhiddin)

Baca juga: Kontainer Mahal, Tembakau dan Furnitur Masih Berani Kirim Barang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: