MVDP Tampil Lagi Akhir Bulan Ini

MVDP Tampil Lagi Akhir Bulan Ini

KECELAKAAN Mathieu van der Poel saat membalap di nomor mens cross-country di Olimpiade Tokyo tampaknya cukup serius. Akibatnya, pembalap tim Alpecin-Fenix itu absen balapan selama sebulan terakhir. Bahkan, ia bakal melewatkan agenda penting, yakni Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung (MTB) yang digelar di Val di Sole, Italia, pada 25–29 Agustus.

Kecelakaan Van der Poel saat balapan cross-country di Izu MTB Course tersebut memang mengerikan. Rider asal Belanda tersebut jatuh di sebuah turunan pendek. Kemudian, mendarat sangat keras di bebatuan. Ia balapan kembali setelah satu menit tersungkur. Namun, ia tampak sangat kesakitan. Van der Poel akhirnya meninggalkan balapan dengan hanya dua lap tersisa.

"Mathieu van der Poel telah berurusan dengan sakit punggung dalam beberapa minggu terakhir. Saat situasi mulai membaik, Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung di Val di Sole datang terlalu cepat untuk juara dunia cyclo-cross." Demikian bunyi pernyataan resmi yang dikeluarkan Alpecin-Fenix.

Sebenarnya, cedera punggung itu sudah terjadi sejak penghujung Mei. Tepatnya ketika Van der Poel tampil di Piala Dunia Sepeda Gunung di Albstadt. Menurut sebuah laporan di Het Laatste Nieuws minggu ini, kecelakaan di Tokyo membuat cedera itu menjadi-jadi.

Van der Poel telah menerima suntikan penghilang rasa sakit. Ia dan tim Alpecin-Fenix juga telah mengutak-atik posisi cleat serta posisinya di atas sepeda. Namun, sejauh ini hal tersebut tidak terlalu berpengaruh. Supaya masalah itu tuntas, Van der Poel memilih absen di Val di Sole. Sebagai gantinya, ia akan tampil di Benelux Tour. Lomba tujuh etape itu akan start 30 Agustus.

Kemudian, Van der Poel akan tampil di Kejuaraan Dunia Road 2021 yang berlangsung di Flanders, Belgia, pada akhir September. Rider 26 tahun itu bakal berusaha merebut jersey pelangi dari tangan juara bertahan Julian Alaphilippe asal Prancis. Ia akan menutup kiprahnya musim ini di Paris-Roubaix pada 3 Oktober. Agenda balap Van der Poel itu telah dikonfirmasi tim Alpecin-Fenix.

"Sekarang, targetnya adalah menatap event berikutnya pada musim ini. Termasuk Paris-Roubaix. Ia akan memulainya di Benelux Tour mendatang, di mana Mathieu adalah juara bertahan," imbuh ProTeam asal Belgia itu. (Muhammad Syafaruddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: