Dusan Vlahovic Tak Dijual

Dusan Vlahovic Tak Dijual

DUSAN VLAHOVIC. Sosoknya seperti oase di tengah gurun bagi Fiorentina. Vlahovic adalah satu-satunya sosok yang bersinar di tengah performa La Viola –julukan Fiorentina– yang stagnan. Vlahovic mencetak 21 gol pada musim 2020/2021. Ia menjadi top skor klub dan menduduki peringkat keempat dalam daftar top skor Serie A.

Vlahovic berasal dari Serbia. Usianya masih sangat muda. Baru 21 tahun. Pesepak bola kelahiran Belgrade itu mencuat bersama Partizan. Ia meneken kontrak berdurasi lima musim bersama Fiorentina pada Juni 2017. Namun, ia baru resmi hijrah ke Italia pada akhir Februari 2018. Vlahovic dibeli La Viola dengan banderol 1,95 juta euro.

Ia jarang dimainkan pada musim pertamanya di Italia. Vlahovic cuma tampil di sepuluh partai selama 152 menit. Ia tak mampu mencetak satu gol pun untuk tim senior. Meski demikian, Vlahovic menunjukkan tajinya di Campionato Primavera 1. Itu adalah kompetisi U-19 di Italia. Ia mencetak 11 gol dari 13 partai untuk La Viola.

Namanya mulai dikenal pada musim 2019/2020. Kepergian Giovanni Simeone ke Cagliari dan Luis Muriel ke Sevilla membuat Vlahovic menjadi andalan Fiorentina. Kolaborasinya dengan Federico Chiesa berjalan sangat bagus. Vlahovic berhasil menjaringkan delapan gol. Sementara itu, Chiesa menceploskan sebelas gol.

Namun, kolaborasi itu hanya bertahan semusim. Chiesa hijrah ke Juventus. Sebagai gantinya, Fiorentina merekrut Jose Callejon, Christian Kouame, dan Aleksandr Kokorin. Sayang, para pemain anyar tersebut gagal bersinar. Kouame cuma mencetak dua gol dan Callejon menceploskan satu gol. Sedangkan Kokorin malah tidak mencetak gol sama sekali.

Beruntung, ada Vlahovic yang tampil ganas di kotak penalti lawan. Koleksi 21 gol membuatnya menjadi buah bibir. Banderol 80 juta euro harus dipersiapkan klub yang menginginkan jasanya. Atletico Madrid, Manchester City, Inter Milan, dan Tottenham Hotspur masuk daftar peminat.

Atletico menginginkan Vlahovic sebagai suksesor Luis Suarez. Inter membidiknya untuk mengisi tempat yang ditinggalkan Romelu Lukaku. Kemudian, City menjadikan Vlahovic sebagai alternatif jika gagal merekrut Harry Kane. Sedangkan Spurs ikut mengantre sebagai antisipasi jika Kane hijrah ke Manchester biru.

Namun, Fiorentina bersikukuh tak mau melepas. Pelatih Fiorentina Vincenzo Italiano menegaskan bahwa anak buahnya itu ingin mengabdi lebih lama di Fiorentina. Bahkan, manajemen tengah membicarakan perpanjangan kontrak baru dengan Vlahovic. ”Saya 100 persen yakin bahwa Dusan akan bertahan,” tegas pelatih 43 tahun tersebut.

CEO Fiorentina Joe Barone juga menegaskan bahwa penyerang andalannya itu tak akan ke mana-mana pada musim panas. ”Dusan Vlahovic is not for sale. Dusan akan bertahan di Fiorentina pada musim panas ini. Ia tidak tersentuh, seperti yang dikatakan presiden kami,” tegas Barone kepada DAZN. (Muhammad Syafaruddin)

Sumber: