Calon Tembok Anyar The Blues

Calon Tembok Anyar The Blues

SEKITAR 23 tahun lalu Marcos Evangelista de Morais tersedu-sedu di Stade de France. Cafu, begitu figur tersebut dikenal oleh pencinta sepak bola, gagal membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 1998. Cafu menjadi saksi hidup ketika negaranya dihajar tuan rumah Prancis dengan skor telak 0-3.

Tepat empat bulan setelah laga final itu, lahir seorang bayi laki-laki di Paris. Ayahnya memiliki darah Benin, salah satu negara di Afrika Barat. Sedangkan ibunya berkebangsaan Prancis. Bayi tersebut diberi nama Jules Olivier Kounde. Menurut laman WhoScored, Kounde merupakan bek tengah yang kuat dalam aerial duel. Juga, memiliki akurasi umpan yang bagus.

Ia tipe bek tengah yang piawai menguasai bola, gemar dribble, dan suka melakukan umpan pendek. Gaya bermain itu membuatnya dijuluki Cafu dari Prancis. Kounde sedang naik daun dewasa ini. Namanya diperebutkan banyak klub mapan.

Kounde cuma numpang lahir di Paris. Ia tumbuh di Landiras, sekitar 41 kilometer dari Bordeaux. Ia mengenal sepak bola sejak usia 5 tahun. Yang menarik, ia pernah menjajal semua posisi, termasuk penjaga gawang. Setelah tiga kali pindah klub, bakatnya akhirnya terpantau Girondins de Bordeaux pada 2013. Kala usianya baru 15 tahun.

Ia menjalani debut profesional pada 7 Januari 2018. Kounde membela Bordeaux di babak 64 besar Coupe de France kontra US Granville. Seminggu kemudian, ia debut di Ligue 1, saat Bordeaux melawan Troyes. Kounde menjadi andalan Bordeaux sepanjang musim 2018/2019. Ia tampil reguler di 51 game dan mencetak dua gol.

Bakatnya memikat Sevilla. Kounde hijrah ke klub Andalusia tersebut dengan biaya transfer 25 juta euro pada Juli 2019. Berkompetisi di La Liga membuat namanya makin dikenal. Apalagi, Kounde cepat beradaptasi bersama tim berjuluk Los Nervionenses itu.

Musim pertamanya berakhir sempurna. Kounde mengantarkan Sevilla menjadi juara Europa League 2019/2020. Penampilan konsisten bersama Sevilla membuat Kounde dilirik banyak klub. Real Madrid sempat ingin merekrutnya sebagai suksesor Sergio Ramos.

Juara bertahan Champions League Chelsea juga jatuh hati dengan bek yang akan berulang tahun ke-23 pada November itu. Chelsea sangat serius ingin mendatangkan Kounde ke Stamford Bridge. Ia disebut sudah menyetujui kontrak berdurasi lima musim. Chelsea tinggal menyelesaikan urusan biaya transfer dengan Sevilla. Nilainya ditaksir mencapai 70 juta euro.

Jika nilai tersebut disepakati kedua klub, Kounde akan menjadi defender Prancis termahal kedua setelah Lucas Hernandez. Hernandez dibeli Bayern Muenchen dari Atletico Madrid dengan harga 80 juta euro. Chelsea melego bek Kurt Zouma ke West Ham United terlebih dulu sebelum menyelesaikan transfer Kounde. Zouma pindah ke skuad asuhan David Moyes itu dengan mahar 30 juta euro. (Muhammad Syafaruddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: