Wisma Persebaya Dijarah

Wisma Persebaya Dijarah

INI kabar menyedihkan dari Wisma Eri Irianto atau Wisma Persebaya. Wisma di Jalan Karanggayam, Surabaya, itu kondisinya acak-acakan, Barang-barang di dalamnya raib. Sudah lama wisma itu tidak difungsikan. Sejak diambil alih dan digembok oleh Pemkot Surabaya.

"Karanggayam diobrak-abrik maling. Aku tunggu di depan mess sekarang,” kata Supriadi kepada  Harian Disway melalui telepon, Kamis (26/8). Wartawan Harian Disway angsung meluncur ke lokasi.

Supri adalah kitman Persebaya Amatir yang masih sering berada di sekitar Karanggayam. Saat kami datang, ia sudah berdiri menunggu di depan Wisma Karanggayam. Tanpa banyak bicara, Supri langsung mengajak kami masuk.

Gerbang masih digembok. Tapi, pagar samping sudah dijebol. Dari halaman depan wisma legendaris itu, tercium bau sangit. Rupanya, ada yang membakar kasur spring bed di ruangan depan. Wisma yang menjadi saksi sejarah Persebaya itu sengaja dirusak orang.

Supri tak tega melihat bagian dalamnya. Kaca depan dijebol. Tak ada perabot tersisa. Perangkat AC hilang semua. Kusen aluminium pada jendela, pintu hingga ventilasi hilang.

Etalase kaca yang menampilkan piala dan foto-foto lama dipecah. Pintunya dibuka paksa. Untung piala dan koleksi di dalamnya belum sempat dicuri. Termasuk jersey milik almarhum Eri Irianto. “Kalau sampai hilang. Saya nggak bayangkan reaksi Bonek bagaimana,” katanya.

Wisma itu memang menjadi sengketa antara Pemkot Surabaya dan Persebaya. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi memenangkan Persebaya. Pemkot mengajukan kasasi. Selama menunggu putusan MA, status Wisma Karanggayam status quo. (Salman Muhiddin)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: