Antisipasi Krisis Pemain, Persebaya Tahan Marsel ke Timnas U-18

Antisipasi Krisis Pemain, Persebaya Tahan Marsel ke Timnas U-18

PERSEBAYA Surabaya menahan sementara Marselino Ferdinan. Rising star Bajol Ijo itu diminta tidak bergabung dengan tim nasional U-18. Adik kandung winger Persebaya Oktafianus Fernando tersebut memang mendapat panggilan bergabung timnas.

Marselino menjadi satu-satunya pemain yang dipanggil mengikuti seleksi timnas U-18. Pemusatan latihan digelar di Jakarta, 29 Agustus sampai 4 September. Timnas U-18 itu disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 pada 2023.

”Kami minta Marsel bergabung di sini dulu. Menunda keberangkatannya. Marsel masih kami butuhkan untuk persiapan pertandingan kompetisi Liga 1,” terang Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya. ”Nanti manajemen akan mengirim surat resmi pemberitahuan ke PSSI,” lanjutnya.

Aji Santoso terpaksa mengambil langkah tak populer itu. Pasalnya, tim yang dibesut saat ini tengah krisis pemain. Setidaknya, ada tiga pemain yang harus menepi karena cedera. Yakni, kiper Satria Tama dan dua bek Koko Ari Araya dan Arif Satria. Koko masih dalam masa penyembuhan setelah operasi akibat cedera yang didapat ketika membela timnas. Sedangkan Arif Satria mengalami masalah pada tumit.

Sebetulnya, masih ada 27 pemain yang ready. Hanya, untuk kepentingan taktikal, Aji Santoso menyiapkan dua plan. Yakni, dengan skuad lengkap ada empat pemain asing di dalamnya. Plan yang lain adalah tampil tanpa pemain asing. Sebagaimana diketahui, Persebaya terancam tampil tanpa pemain asing karena mereka belum mendapatkan vaksin dosis kedua.

”Ini untuk mengantisipasi bila nanti pemain asing sampai tidak bisa tampil. Oleh karena itu, saya minta Marsel bertahan dulu. Toh, latihan kota tinggal Senin besok. Setelah itu, bersiap ke Jakarta sambil menunggu jadwal (pertandingan),” tandas pelatih 51 tahun tersebut.

Marsel mengikuti apa yang diminta manajemen dan head coach. ”Coach bilang, saya diminta tidak berangkat dulu. Saya berlatih bersama Persebaya dulu. Nanti manajemen akan memberikan surat tertulis kepada PSSI,” jelas pemain yang pada 9 September berusia 17 tahun tersebut.

Sementara itu, terkait dengan cederanya Satria Tama, Persebaya menyiapkan dua kiper muda. Yakni, Ernando Ari Sutaryadi dan Andika Ramadhani. ”Kalau memengaruhi persiapan, tidak. Cuma, kami harus mempersiapkan Ernando dan Andhika untuk mengisi posisi dari Satria. Tadi juga sudah saya panggil, saya kasih tahu supaya mereka benar-benar siap untuk kompetisi nanti. Karena Satria butuh waktu untuk istirahat,” ungkap Aji. (Dika Afandi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: