Pilih Pulang daripada di Arsenal

Pilih Pulang daripada di Arsenal

SATU lagi pemain asal Brasil yang pulang kampung setelah meraih pelbagai kesuksesan di Eropa. Setelah Dani Alves dan Diego Costa, kini giliran Willian Borges da Silva yang mudik ke Negeri Samba. Eks winger Chelsea itu akan memperkuat klub masa mudanya, Corinthians.

Willian sebenarnya masih terikat kontrak dengan Arsenal hingga 2023. Pesepak bola 33 tahun itu merapat ke tim berjuluk The Gunner tersebut pada musim panas 2020. Ia menyepakati kontrak berdurasi dua tahun. Rupanya menyeberang ke London Utara bukan pilihan yang bagus untuk Willian. Potensinya tak maksimal bersama tim polesan Mikel Arteta tersebut.

Willian ingin pergi. Ia menyebut pengabdian di Arsenal sebagai ”periode terburuk yang dijalani sebagai pesepak bola profesional”. Ia cuma bermain di 37 pertandingan selama 1.892 menit. Mencetak satu gol dan mengemas tujuh assist. Sempat dilaporkan akan berkarier di Timur Tengah, Willian akhirnya pulang kampung. Ia bergabung dengan Corinthians.

Corinthians adalah klub yang menempanya sebagai salah seorang winger terbaik di Brasil. Ia bergabung dengan klub itu sejak berusia 10 tahun. Memasuki umur 16 tahun, Willian menjalani debut dengan tim yang bermarkas di Neo Quimica Arena. Torehan dua gol dalam 41 pertandingan selama dua musim di Corinthians membuat tim Eropa tertarik.

Ia terbang ke Ukraina untuk membela Shakhtar Donetsk pada Agustus 2007. Petualangan di Eropa pun dimulai. Willian membela empat klub selama 14 tahun kariernya di Benua Biru. Setelah sukses besar di Donetsk, ia ditransfer ke Anzhi Makhachkala. Kemudian, pindah ke Inggris untuk membela Chelsea serta Arsenal.

Willian mencapai sukses saat berkostum Donetsk dan Chelsea. Ia membawa Hirnyky –sebutan Donetsk–meraih empat gelar Ukrainian Premier League. Selain itu, Willian juga mendapatkan tiga gelar Piala Ukraina dan dua trofi Piala Super Ukraina. Pesepak bola kelahiran Ribeirao Pires itu menjadikan Donetsk sebagai kampiun UEFA Cup musim 2008/2009.

Selama tujuh musim di Chelsea, Willian mengantarkan tim berjuluk The Blues itu merebut 2 gelar Liga Inggris, 1 Piala FA, dan 1 Piala Liga. Chelsea juga dibawanya merebut trofi Europa League. Willian juga didapuk sebagai pemain terbaik Chelsea musim 2015/2016.

Sekarang petualangannya di Eropa telah berakhir. Willian sebenarnya masih betah di sana. Bahkan, ia bersama David Luiz memiliki restoran Italia di London. Namun, Willian sadar bahwa waktunya di Benua Biru telah habis. Sudah waktunya pulang kampung. Pulang ke Corinthians. (Muhammad Syafaruddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: