Ujian Pertama Pemain Muda dan Bonek

Ujian Pertama Pemain Muda dan Bonek

PERSEBAYA akan menjalani matchday pertama BRI Liga 1 2031/2022 melawan Borneo FC petang nanti (4/9). Itu akan menjadi ujian awal bagi tim besutan Aji Santoso. Pelatih Persebaya tersebut harus memutar otak lebih keras untuk mengatasi persoalan-persoalan yang menimpa tim menjelang bergulirnya kompetisi.

Pertarungan diprediksi berjalan ketat mengingat kedua kubu mengincar hasil positif pada pekan pertama Liga Indonesia musim ini. Namun, menjelang laga akhir pekan nanti, kubu Persebaya tak bisa tampil dengan kekuatan terbaik. Tercatat empat legiun asing yang sudah dikontrak skuad Bajol Ijo belum diperbolehkan tampil. Mereka terkendala regulasi wajib vaksin dua dosis. Aturan itu dibuat mendadak oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut juga kehilangan dua pemain andalannya, Arif Satria dan Satria Tama. Keduanya dibekap cedera sejak sebelum berangkat ke Cikarang yang menjadi home base Persebaya di seri 1.

”Persiapan kami sebenarnya selama ini lancar, tapi memang mendekati kompetisi justru ada beberapa ujian. Tapi, itu bukan alasan, kami sudah siapkan semua skenario untuk mengatasi perlawanan Borneo. Saya prediksi pertandingan pasti berjalan seru,” ungkap Aji pada sesi press conference kemarin (3/9).

”Saya juga sudah sampaikan dari jauh hari, siapa pun yang saya percaya main harus siap. Tidak peduli lokal, asing, muda, senior semua harus siap,” imbuhnya.

Laga perdana itu sekaligus akan menjadi ujian mental pemain-pemain muda Persebaya. Jika mampu melewati laga perdana, selanjutnya akan lebih mudah untuk membangun kepercayaan diri mereka.

Wonderkid Akbar Firmansyah diperkirakan bakal menjadi pilihan utama untuk mengisi posisi yang ditinggal Taisei Marukawa. Begitu juga di belakang, masih ada penggawa timnas senior yang masih berusia belia, Rizky Ridho.

Akbar Firmansyah Persebaya
Akbar Firmansyah mengikuti official training, Jumat sore (3/9). Foto: Persebaya

 

Kekuatan dan kecepatan khas pemain muda itulah yang diwaspadai pelatih Borneo FC Mario Gomez. Ia menegaskan bahwa Persebaya tetaplah tim yang berbahaya meski tanpa pemain asing. ”Persebaya memiliki pemain lokal yang bagus. Besok akan menjadi pertandingan sulit,” ujar Gomez.

Sementara itu, laga yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, tersebut juga menjadi ujian suporter Persebaya. Pelatih Aji Santoso terus mengimbau Bonek agar tidak datang ke stadion. Sekalipun itu sekadar di luar stadion.

Permintaan itu tidak berarti Persebaya tak membutuhkan dukungan suporter. Menurutnya, untuk saat ini, suporter bisa memberikan dukungan doa dan menonton pertandingan di rumah. ”Bergulirnya kompetisi ini tidak mudah. Untuk itu, saya sampaikan kita harus mendukung dengan menerapkan prokes yang ketat, baik dari tim maupun suporter,” tutur Aji. Ia ingin Bonek memahami itu agar tidak terjadi hal-hal yang bisa mencoreng nama Persebaya. (Dika Afandi)

Prakiraan Starting Line-up Persebaya

Kiper

Ernando Ari

Belakang

Rachmat Irianto

Rizky Ridho

Frank Sokoy

Alwi Slamat

Tengah

Ady Setiawan

Ricky Kambuaya

Hambali Tholib

Depan

M. Supriadi

Akbar Firmansyah

Johan Yoga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: