BTS Resmi Jadi Utusan Khusus Presiden

BTS  Resmi Jadi Utusan Khusus Presiden

PRESIDEN Korea Selatan Moon Jae-in benar-benar bangga kepada Bangtan Boys (BTS). Ia menunjuk tujuh cowok bertalenta itu sebagai utusan khusus. Kemarin, ia menyerahkan sertifikat penunjukan mereka sebagai utusan untuk diplomasi publik di hall utama Blue House.

Jin dkk mengenakan suit hitam formal untuk acara tersebut. Alih-alih bersalaman, Presiden Moon menyambut mereka dengan fist bump. Sebenarnya, alasannya karena meminimalkan persebaran virus Covid-19. Tapi kesannya malah lebih akrab. Satu per satu, mereka menerima sertifikat serta paspor diplomatik bersampul merah.

’’Aku sangat berterima kasih dalam banyak hal. BTS mengangkat kelas Korea Selatan. Mereka membawa musik K-pop ke level yang lebih tinggi setiap waktu,’’ ungkap Presiden Moon, dalam rilis resmi Blue House yang dikutip Korea Times. ’’Setiap bertemu pemimpin negara lain, kami sering memulai percakapan dengan BTS,’’ imbuhnya semringah.

Ibu negara, Kim Jung-sook, menambahkan, generasi dia dulu belajar bahasa Inggris dari lagu-lagu pop AS dan Inggris. Tapi, sekarang, jutaan anak muda di seluruh dunia rela mempelajari bahasa Korea demi memahami lagu-lagu BTS. ’’Bangtan Boys punya peran besar dalam menyebarkan bahasa Korea,’’ kata mantan penyanyi klasik tersebut.

Ketujuh member BTS tidak dapat menyembunyikan kebanggaan telah ditunjuk sebagai utusan khusus presiden. ’’Menjadi sebuah kehormatan bagi kami bisa melakukan sesuatu dengan gelar ini,’’ kata leader BTS, R.M. ’’Kami selalu berpikir, bagaimana kami bisa membalas cinta dan dukungan yang sangat besar dari banyak pihak. Mungkin, dengan menjadi utusan khusus inilah caranya,’’ lanjut rapper 27 tahun itu. 

Tugas pertama BTS adalah menemani Moon menghadiri sidang Majelis Umum PBB di New York pekan depan. Mereka bakal berpartisipasi dalam pertemuan kedua Sustainable Development Goals (SDG) Moment dari Decade of Action yang digelar pada Senin depan (20/9). RM dkk akan menyampaikan pidato.

SDG adalah sebuah blueprint yang memuat cara-cara mengatasi berbagai permasalahan global. Termasuk kemiskinan, kelaparan, dan perubahan iklim. SDG Moment bertujuan memaksimalkan upaya setiap komunitas di level internasional. Untuk bersama-sama mencapai SDG.

’’Selama ini, BTS telah mengirim pesan-pesan yang penuh harapan dan menentramkan ke seluruh dunia,’’ demikian rilis PBB terkait BTS. ’’Kehadiran mereka di sidang Majelis Umum PBB kali ini diharapkan bakal menjadi kesempatan berharga untuk meluaskan komunikasi dengan generasi mendatang di seluruh dunia. Serta membuat mereka tertarik dan bersimpati pada isu-isu internasional,’’ lanjut pernyataan tersebut. (Retna Christa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: