Main di Stadion Si Jalak Harupat, Persebaya Boyongan ke Bandung

Main di Stadion Si Jalak Harupat, Persebaya Boyongan ke Bandung

PERSEBAYA Surabaya bakal dijamu PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/9). Kepastian lokasi pertandingan didapat setelah manajemen Persebaya mendapat surat resmi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) Rabu (15/9) sore.

”Baru saja kami dapat surat resmi dari LIB. Persebaya lawan PSM di Jalak Harupat,” terang Ram Surahman, sekretaris Persebaya Surabaya.

Tak hanya lawan PSM, kabarnya pertandingan lawan Bhayangkara FC di pekan berikutnya juga digelar di sana. ”Kalau itu belum tahu. Biasanya nanti H-2 baru diinformasikan lagi oleh LIB,” jawab Ram. 

Menyambut pertandingan itu, Kamis (16/9) Persebaya bertolak ke Bandung. Mereka meninggalkan Cikarang yang selama dua pekan menjadi home base Bajol Ijo. Kepindahan itu membuat Persebaya sedikit repot. Pasalnya, yang dipindahkan dari Cikarang bukan sekadar rombongan pemain. Tetapi, sekaligus tim penunjang yang selama ini mem-back up tim utama. Itulah yang paling ribet.

Tim penunjang tersebut terdiri atas chef sampai kitman. Mereka yang selama ini melayani kebutuhan tim selama persiapan pertandingan. ”Padahal, kami sudah telanjur kontrak rumah juga di sini (Cikarang),” ungkap Ram.

Namun, Ram dan tim sadar hal itu sudah menjadi konsekuensi yang harus diterima. Apalagi, LIB sejak awal sudah menyampaikan bahwa venue tiap pertandingan bisa berubah. Semua bergantung dari rekomendasi Satgas Nasional Penanggulangan Covid-19. Oleh karena itu, untuk seri pertama, LIB hanya mengirim jadwal kepada peserta. Sedangkan venue pertandingan masih dikosongi. Biasanya, kepastian venue diberikan secara resmi pada H-2. 

Bandung sebetulnya sejak awal memang dimasukkan LIB sebagai venue seri pertama. Bahkan, Persebaya dari awal diplot berkandang di sana. Hanya, dalam perkembangannya, ibu kota Jawa Barat itu terpental. Tidak direkomendasikan pemerintah karena alasan angka persebaran Covid-19 di sana masih tinggi. Baru pekan ini Bandung kembali ditempati. Hal tersebut tentu tak lepas dari status Bandung yang sudah masuk zona kuning.

Secara teknis, Persebaya sebenarnya sangat akrab dengan Stadion Si Jalak Harupat. Maret lalu stadion di Soreang itu menjadi venue Persebaya menjalani babak penyisihan grup C Piala Menpora. ”Dari awal kami sebetulnya siap main di mana saja. Kalau memang jadi di Bandung, lebih baik juga. Pemain sudah akrab dengan kondisi lapangan,” tandas Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya.

Selain Persebaya, pertandingan Bhayangkara FC vs Madura United akan digelar di Si Jalak Harupat pada hari yang sama. Hanya beda jam pertandingan. Bhayangkara vs Madura United digelar lebih dulu pukul 15.15 WIB. (Dika Afandi)

 

Jadwal BRI Liga 1 2021-2022 Pekan Ini

1. PSIS  vs Persiraja
Sabtu, 18 September 2021, 15.15 WIB - Stadion Wibawa Mukti Cikarang

2. Bhayangkara FC vs Madura United
Sabtu, 18 September 2021, 15.15 - Stadion Si Jalak Harupat

3. PSM Makassar vs Persebaya
Sabtu, 18 September 2021, 18.15 WIB - Stadion Si Jalak Harupat

4. Bali United vs Persib
Sabtu, 18 September 2021, 20.45 - Indomilk Arena Tangerang

Sumber: