Lima Pemain Persebaya Dipanggil Timnas

Lima Pemain Persebaya Dipanggil Timnas

Lima pemain Persebaya dipanggil tim nasional senior. Mereka adalah Rachmat Irianto, Arif Satria, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, dan Ernando Ari Sutaryadi. Mereka akan mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas yang digelar 19-30 September 2021 di Jakarta.   

Bagi Kambuaya dan Ernando, pemanggilan ini menjadi pengalaman pertama dipanggil timnas senior. Pemanggilan itu tentu tak lepas dari penampilan impresif dari dua laga yang dilajalani bersama Persebaya. Ricky Kambuaya tercatat sukses mengoleksi dua gol. Sedangkan Ernando mampu menjadi pemain muda terbaik di pekan kedua. Catatan ini yang mungkin membuat pelatih Shin Tae-yong kesengsem, lalu coba memberi kesempatan pada keduanya.

Sedang Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Arif Satria merupakan wajah lama. Ketiganya selama ini menjadi langganan Timnas. Sebenarnya ada satu lagi, yakni Koko Ari Araya. Namun full back Persebaya itu luput dari pemanggilan karena kini sedang pemulihan pasca operasi lutut. Cedera tersebut didapat ketika bersama Timnas ketika menjalani kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Maret lalu.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, pemusatan latihan itu bagian dari persiapan menghadapi  pertandingan playoff Piala Asia 2021 melawan Taiwan. Pertandingan itu bakal dilaksanakan, 7 dan 11 Oktober di Thailand. Untuk itu, para pemain sudah harus berkumpul di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (19/9) mendatang. Tepatnya sehari setelah jadwal pertandingan Persebaya vs PSM Makassar.

Kendati  pemusatan latihan dilakukan di tengah kompetisi, para pemain yang dipanggil timnas masih bisa bergabung dengan klub masing-masing pada H-2 sebelum pertandingan. Setelah itu, mereka balik lagi ke pemusatan latihan.

“Ini menjadi komitmen kami agar klub juga tidak dirugikan. Masih bisa memakai para pemainnya untuk tampil di kompetisi,” ujar Yunu Nusi.

Pernyataan itu menegaskan juga kelima pemain Persebaya tersebut bisa diturunkan pada pertandingan lawan Bhayangkara FC, Jumat (24/9). Hanya saja, pada pertandingan lawan PSS Sleman, Selasa (28/9) ada kemungkinan mereka tidak bisa dimainkan. Dalam jadwal yang disusun PSSI, pada tanggal tersebut semua pemain wajib menjalani latihan penuh sampai Kamis (30/9).

Terkait hal ini pelatih Persebaya Aji Santoso akan berkomunikasi dengan pelatih Timnas. Ia berharap, kelima pemain tersebut bisa bergabung. Pasalnya, tenaga mereka sangat dibutuhkan. Apalagi tiga dari lima pemain yang dipanggil tersebut merupakan  pemain belakang. Yakni Arif Satria, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto.

“Kami mohon ada  kebijakan khusus. Kalau sampai tidak bisa gabung, ya kami habis. Tak ada pemain di belakang,” tandasnya.

Terlepas dari itu, Aji Santoso menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada PSSI atas pemanggilan tersebut. Ia berharap pemanggilan tersebut mampu melecut semangat kelima pemain itu untuk pertandingan lawan PSM Makassar.(Dika Afandi)

Timnas Calling

1. Rachmat Irianto

2. Rizky Ridho Ramadhani

3. Arif Satria

4. Ernando Ari  Sutaryadi

5. Ricky  Kambuaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: