Rayakan 13 Tahun Debut, IU Donasi Rp 10 Miliar

Rayakan 13 Tahun Debut, IU Donasi Rp 10 Miliar

SABTU lalu (18/9), genap 13 tahun IU berkiprah di dunia hiburan Korea. Dia kali pertama tampil live di acara musik M! Countdown pada 2008. Nah, untuk memperingati hari debut sebagai penyanyi profesional, IU menjalankan aktivitas favorit dia: berdonasi.

Agensi IU, Edam Entertainment, mengungkap bahwa pelantun Celebrity itu menyiapkan konsep spesial untuk proyek debut anniversary kali ini. Dia menggandeng beberapa perusahaan yang menjadikan dirinya sebagai brand ambassador.

Antara lain, perusahaan farmasi GNAL-N, apparel olahraga New Balance, Banolim Pizza, hingga produsen perlengkapan rumah tangga Evezaly. Ada juga merek pakaian Black Yak, serta air mineral Jeju Samdasoo.

Donasi dia tidak berupa uang tunai. Melainkan produk barang dari merek-merek tersebut. Barang-barang itu disumbangkan ke rumah sakit atau panti asuhan yang membutuhkan. ’’Nilai donasi yang terkumpul mencapai KRW 850 juta (atau setara Rp 10,2 miliar, Red),’’ ungkap perwakilan Edam, seperti dikutip Soompi.

Barang yang didonasikan sangat beragam. Antara lain 2.000 potong pakaian. Termasuk mantel musim dingin untuk anak-anak dan remaja di panti asuhan. Juga 300 matras tempat tidur buat ibu-ibu tunggal berpenghasilan rendah. Serta 30 ribu botol air minum buat 20 klinik rujukan Covid-19 di Seoul. 

’’Khusus untuk ulang tahun debut kali ini, IU ingin mendonasikan kebutuhan sehari-hari buat mereka yang benar-benar membutuhkan,’’ ungkap manajer IU. ’’IU sendiri yang mengontak setiap brand dan mengajak mereka melakukan donasi. Dia berkontribusi membayar separo dari total nilai donasi,’’ lanjutnya. Jadi, hitungan kasarnya, IU merogoh kocek pribadi sekitar Rp 5 miliar.

Memperingati sesuatu dengan berdonasi memang sudah menjadi kebiasaan IU selama beberapa tahun terakhir. Ketika berulang tahun ke-28 pada 16 Mei lalu, dia juga menyumbangkan uang cukup besar. Yakni KRW 500 juta. Atau sekitar Rp 6 miliar. Yang dibagi-bagikan ke beberapa lembaga sosial. Misalnya yayasan kanker anak, yayasan lansia, serta kesejahteraan ibu tunggal.

IU merupakan salah seorang selebriti dengan bayaran tertinggi di Korea. Dia membintangi banyak serial hits. Misalnya Hotel del Luna, Dream High, dan My Mister. Single dan album dia juga selalu meledak. Tahun lalu, dia ditaksir mengumpulkan kekayaan sekitar USD 28 juta. Atau setara hampir Rp 400 miliar. (Retna Christa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: