KA Bromo Anggrek Lebih Cepat

KA Bromo Anggrek Lebih Cepat

PENUMPANG kereta api kini semakin nyaman. Khususnya kereta api eksekutif. Selain waktu tempuh lebih cepat, juga layanan di gerbong semakin lengkap. Di KA Argo Bromo Anggrek jurusan Surabaya-Jakarta, kini tersedia layanan live cooking dan Wi-Fi.

Layanan itu kemarin diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Waktu tempuh KA Bromo Anggrek dari Stasiun Surabaya Pasar Turi ke Stasiun Grambir kini hanya 8 jam 10 menit. Lebih cepat 20 menit daripada sebelumnya,  8 jam 30 menit.

Itu percepatan kedua. Sebelum 1 Juni 2021, jarak tempuh KA Argo Bromo dari Surabaya ke Jakarta adalah 8 jam 44 menit. Rel ganda di jalur utara memang mempercepat jarak tempuh KA.

Tinggal pembangunan rel ganda di jalur selatan yang diperkirakan selesai 2024. "Sekarang pembangunannya masih sampai di Mojokerto dan Wonokromo. Harapannya bisa mempersingkat waktu tempuh juga,”  ujar Khofifah.

Khofifah pun turut gembira dengan tambahan pelayanan tersebut. Dia bernostalgia dengan menceritakan pengalamannyi naik KA pada era 84-an. Pengalaman itu sungguh berkesan baginyi. Apalagi, saat itu harga tiket KA Surabaya - Jakarta hanya Rp 8 ribu.

“Saya ini pelanggan kereta api. Saya juga pernah naik kereta yang relatif di atas itu,” kenangnyi. Dia juga menyaksikan perubahan dan peningkatan layanan KA di Indonesia. Khofifah juga berharap KA bisa menjadi tulang punggung transportasi nasional.

Menurutnyi, layanan baru itu merupakan inovasi yang dibutuhkan bagi masyarakat. Utamanya untuk memulihkan kembali perkeretaapian Indonesia. Sebab, penumpang KA turun drastis selama pandemi. Sebelum pandemi, jumlah penumpang bisa mencapai belasan ribu setiap hari. Kini turun menjadi ribuan per hari.

“Penurunannya bisa sangat besar. Sekitar 97 persen,” ujar Khofifah. Dengan adanya layanan baru, dia berharap animo masyarakat bisa kembali seperti sedia kala.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyatakan PT KAI terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan. Terutama seputar ketepatan dan kecepatan perjalanan. Agar harapan masyarakat bisa tercapai. “Caranya hanya dengan meningkatkan sarana dan prasarana. Sehingga tidak hanya asal cepat. Namun, tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan,” ungkap Didiek.

Percepatan juga ditingkatkan pada KA Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya. Lebih cepat 48 menit dari biasanya. Yakni menjadi 9 jam 55 menit.  Peluncuran layanan baru ini bertepatan dengan HUT ke 76 KAI.

Layanan Live Cooking juga terdapat di KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis. Layanan itu diluncurkan HUT ke-76 PT KAI yang jatuh pada 28 September 2021.

Untuk KA Bromo Anggrek, layanan Live Cooking sebenarnya sudah dimulai pada 1 Juni lalu. Respons customer cukup bagus. “Harapannya, layanan ini dapat mengobati kerinduan para penikmat perjalanan kereta api serta memberikan pengalaman berkesan saat berkuliner selama dalam perjalanan,” kata Didiek,

Berbagai menu andalan live cooking antara lain Nasi Goreng Parahyangan Legend, Mi Godog Jawa, Mi Goreng Jawa, dan Nasi Sei Sapi. PT KAI  mengajak koki-koki pilihan untuk memasak di atas kereta api secara higienis, profesional, dan tetap memperhatikan keselamatan. (Mohammad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: