Pengusaha Hiburan Minta Diizinkan Buka

Pengusaha Hiburan Minta Diizinkan Buka

KECUALI bioskop, pengusaha tempat rekreasi dan hiburan umum (RHU) lain masih harus bersabar. Mereka belum diizinkan membuka tempat usaha. Presiden Direktur PT Imperium Happy Puppy Santoso Setyadji merasa iri dengan bioskop. Padahal durasi pengunjung karaoke dengan penonton bioskop hampir sama. Rata-rata 2 jam.

Menurur Santoso, belum ada titik terang mengenai pembukaan RHU. Terutama untuk di pulau Jawa. Ia sudah menghadap beberapa pimpinan daerah. Seperti Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Sayangnya mereka tetap tidak berani membuka RHU. Alasannya kedua daerah itu masih level 3 berdasarkan instruksi mendagri..

Ia menjelaskan, kondisi ini berbeda ketika sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Saat itu, pemerintah daerah cenderung takut untuk membuka RHU. ”Sedangkan sekarang, pemerintah pusat yang takut bila RHU dibuka,” ujarnya.

Secara aturan instruksi menteri dalam negeri (Inmendgri) Surabaya masih level 3. Alasannya saat Inmendagri dikeluarkan, vaksinasi daerah aglomerasi Sidoarjo dan Gresik belum menyentuh angka 50 persen. Padahal berdasarkan data kementerian kesehatan (kemkes) Surabaya sudah dikategorikan level 1.

Hari ini pemerintah bakal mengumumkan nasib PPKM di Jawa dan Bali. Sidoarjo sudah melaksanakan vaksin dosis pertama sebanyak 65,18 persen. Gresik 66,17 persen. sedangkan Surabaya 109,27 persen. Harusnya Surabaya bisa masuk level 2.

Santoso berharap agar Surabaya dan Jakarta segera level 2. Sehingga karaoke bisa segera dibuka. Ia juga tidak mempermsalah jika RHU harus menjalani asesmen lagi. ”Toh sebelum PPKM banyak RHU yang sudah melaksanakan asesmen,” katanya.

Ketua Himpunan Pengusaha Rekreasi Hiburan Umum (Hiperhu) George Handiwiyanto juga berharap RHU bisa dibuka lagi . Ia mengatakan pengusaha siap bila harus menerapkan aplikasi PeduliLindungi di RHU.

Toh selama ini pangsa pasar RHU berusia 17 tahun ke atas. Artinya kebanyakan dari pengunjung sudah melakukan vaksin. ”Pengunjung RHU juga kebanyakan orang kaya. Pasti mereka sudah vaksin. Kami juga meyakinkan pemerintah bahwa seluruh pegawai kami sudah vaksin juga,” katanya.

RHU di Surabaya sempat terhenti selama setahun. Tapi pada Juni-Juli lalu pemkot membolehkan RHU beroperasi. Namun ketika bulan Agustus, tempat hiburan itu terpaksa ditutup kembali.

George khawatir dengan nasib karyawannya. Apalagi sudah 3 bulan mereka dirumahkan. ”Kami ini kan kasihan dengan karyawan. Toh selama ini RHU juga turut menyumbang perekonomian. Harapannya level Surabaya bisa turun dan RHU buka lagi,” ungkapnya. (Andre Bakhtiar)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: