Lee Do-hyun Jadi Jenius Matematika di Melancholia

Lee Do-hyun Jadi Jenius Matematika di Melancholia

FANS Lee Do-hyun tidak perlu berlama-lama menantinya kembali ke layar kaca lagi. Tak sampai empat bulan setelah Youth of May tamat, ia akan kembali menyapa penggemar. Tepatnya lewat serial berjudul Melancholia. Drama yang dibintanginya bersama Im Soo-jung itu bakal tayang mulai 3 November.

Melancholia mengisahkan percintaan seorang guru matematika, Ji Yoon-soo (diperankan Im Soo-jung), dan mantan jenius matematika Baek Seung-yoo (Lee Do-hyun). Tentu saja hubungan itu tidak mulus. Karena Seung-yoo masih SMA. Bersama-sama, keduanya berusaha melawan stigma sosial dan prasangka yang menghalangi hubungan mereka.

Seung-yoo juga punya latar belakang unik. Di SMA, ia menempati peringkat terakhir. Padahal, di masa kecilnya, ia pernah menjadi juara Olimpiade Matematika. Ia bahkan diterima masuk Institut Teknologi Massachusetts, AS, pada usia 10 tahun. Tapi ia kemudian drop out pada usia 12 tahun. Penyebabnya masih menjadi misteri.

’’Aku harus membaca banyak buku dan menonton berbagai film dokumenter tentang matematika untuk membawakan peran ini,’’ ungkap Lee Do-hyun, dalam wawancara dengan Naver. ’’Karena ceritanya bakal berfokus pada matematika, aku harus tampak lancar dan tidak canggung ketika menyelesaikan soal-soal persamaan,’’ paparnya.

Itu bukan tugas mudah. Bintang yang melejit lewat 18 Again itu mengaku bukan cowok yang pintar matemtika. Bahkan, semasa sekolah, bisa dibilang ia menyerah mempelajari subyek itu. Ia mengaku benar-benar tidak berbakat.

’’Namun, setelah aku melakukan riset, ternyata para ahli matematika memiliki dunia kecil mereka sendiri yang menakjubkan,’’ tutur Do-hyun. ’’Dunia itu sama saja dengan kita. Ada banyak aspek yang indah dan mencengangkan. Setiap hari, aku menemukan hal baru. So, aku sangat menikmati risetku,’’ lanjut peraih Baeksang Arts Awards 2021 dari kategori Best New Actor tersebut.

Buat anak-anak SMA swasta yang korup itu, matematika hanya dipelajari agar lulus ujian masuk universitas. Namun, Ji Yoon-soo—guru perempuan yang sangat mencintai pekerjaannya—mengajak mereka menemukan keasyikan yang tersembunyi di balik rumus-rumus matematika. Dia memperkenalkan keindahan dari akar-akar persamaan yang bikin sakit kepala.

’’Apa yang dia lakukan sedikit tidak realistis buat ukuran anak SMA yang pragmatis,’’ kata Im Soo-jung soal karakter dia. ’’Namun, kenyataannya, pendekatan idealistis Ji Yoon-soo sukses mengantarkan murid-muridnya mendominasi Olimpiade Matematika. Dan banyak anak didiknya yang masuk universitas bergengsi,’’ papar aktris 42 tahun tersebut. 

Beradu akting—apalagi akting romantis—dengan aktris yang 16 tahun lebih senior daripada dirinya, Lee Do-hyun sempat malu-malu. Pada awal-awal syuting, ia tidak berani mendekati Im Soo-jung. Apalagi berbicara langsung dengan bintang yang telah bermain dalam 16 film tersebut. Melancholia juga merupakan proyek drama pertama Im Soo-jung setelah dua tahun. Jadi, pressure-nya cukup terasa.

’’Namun, Im Soo-jung sangat perhatian. Dia selalu melibatkanku dalam setiap diskusi adegan. Dia juga memperlakukanku dengan nyaman, sehingga aku bisa segera menyesuaikan diri,’’ papar Do-hyun. ’’Karena itulah aku sekarang merasa semakin nyaman di lokasi syuting. Aku tak sabar menonton hasilnya di layar kaca,’’ lanjut aktor 26 tahun tersebut. (Retna Christa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: