Protes Spurs Dianggap Angin Lalu

Protes Spurs Dianggap Angin Lalu

Hmm. Newcastle United kini telah menjelma menjadi klub kaya baru milik putra mahkota Arab Saudi Muhammed bin Salman dengan nilai kekayaan 320 miliar pounds. 
Hanya 24 jam setelah proses akuisisi itu, sejumlah klub Inggris melakukan protes keras kepada manajemen Premier League.
Bos Tottenham Hotspur Daniel Levy, misalnya, jadi sosok yang amat getol untuk menghentikan konsorsium yang membawa sponsor yang menguntungkan ke Saint James Park, kandang Newcastle. Namun, protes tersebut dianggap sia-sia bahkan dianggap angin lalu.
Media massa Inggris melaporkan, semua bos klub di Inggris juga sudah tahu bahwa Newcastle sudah diakuisisi dari pemilik Lama Mike Ashley 305 juta pounds. 
Kehadiran Dana Investasi Publik (PIF) itu ditentang keras Liverpool, Manchester United, Arsenal dan Tottenham. Spurs disebut-sebut sebagai agitator utama. Klub yang bermarkas di London utara itu bahkan sempat meminta Premier League membatalkan akuisisi itu.
Dailymail melaporkan, sekitar 19 klub sudah meminta rapat kilat. Mereka ingin menanyakan detail ke Premier League kenapa setuju dengan akuisisi itu.
Meski diprotes keras, pemilik baru tidak ambil pusing. Kunci Stadion St James Park sudah diserahkan. Pekerjaan sudah dimulai. Tujuan utamanya adalah mengubah Newcastle jadi penguasa Liga Inggris dan juara Eropa.
Jumat malam, misalnya, Amanda Staveley yang memimpin operasi di Tyneside sudah bertemu dan berbicara panjang lebar dengan staf di salam stadion. Kedatangan Amanda disambut dengan tepukan tangan meriah oleh para staf di sana.
Selain berbicara ke para pengelola stadion, Amanda juga sudah menyampaikan pesar dari Gubernur PIF Yasir Al-Rumayyan yang juga ketua non-eksekutif klub dari Riyadh. ''Kita semua sama-sama berambisi agar klub ini maju,'' sebut Amanda menirukan pesan itu.
Amanda menyebutkan, manajemen baru ingin menciptakan tim yang sukses secara konsisten. ''Kami di sini ingin membangun kesuksesan jangka panjang,'' sebut Amanda lagi.

Newcastle United, kata Amanda lagi, kini dikelola dengan penuh tanggung jawab. Klub ingin pendukung menjadi bagian yang inheren (melekat) dengan Newcastle United. 
Salah satu langkah awal yang diantisipasi adalah penambahan sejumlah staff. Kepala  akademi Frank McParland, misalnya, kini jadi penasehat. 
McParland punya hubungan dekat dengan Steven Gerrard dan Brendan Rodgers. Dua nama ini muncul dalam percakapan tentang pengganti Steve Bruce, yang akan diminta mengundurkan diri.
Kemungkinan besar asisten pelatih Graeme Jones akan diangkat sebagai caretaker atau penanggung jawab sementara untuk partai tandang Newcastle ke Tottenham Hotspur pekan depan.
Sumber-sumber orang dalam mengatakan, pemilik yang baru menginginkan manajer yang sudah punya pengalaman di Liga Premier. Karena itulah, Brendan Rodger yang kini melatih Leicester City jadi kandidat utama.

Pemilik baru sebetulnya ingin bertemu pelatih dan para pemain kemarin. Namun, keinginan itu tidak kesampaian karena Steve Bruce dan para pemainnya mendapat jatah libur karena jedah internasional.
Sumber mengatakan, selama sesi pelatihan Kamis lalu, Bruce lebih aktif dari biasanya. Boleh jadi cara itu dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan Staveley dan sesama anggota dewan Jamie Reuben.
Eks striker Newcastle Alan Shearer juga terlihat berada di Jesmond Dene House Kamis. Ia diundang untuk   bertemu dengan beberapa konsorsium dan akan menerima peran sebagai duta besar klub. (xam)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: