Mona Ratuliu Bikin Gerakan Peduli Anak Korban Pandemi

Mona Ratuliu Bikin Gerakan Peduli Anak Korban Pandemi

HARIAN DISWAY - Tak lagi cuma merawat bayi keponakan sendiri. Mona Ratuliu beraksi melebar dengan tergerak mengajak yang lain. Untuk melakukan hal yang lebih untuk anak-anak Indonesia yang telantar lantaran ditinggal meninggal oleh orang tuanya. Sama seperti Balint Daniyal Zabdan Ratuliu.

Langkah Mona itu serius. Tak hanya secara pribadi karena merawat anak kakak iparnya yang meninggal saat melahirkan Balint. Bahkan Mona membuat sebuah gerakan yang diharapkan memperoleh dukungan dari khalayak luas. Caranya bisa dengan berdonasi lewat Mona dan Indra Brasco, suaminya.

”Mari bersama kita dukung masa depan anak kehilangan orang tua akibat Covid-19 melalui link: kitabisa.com/monaindrauntukanak. Berapa pun donasi yang kamu berikan akan sangat berarti untuk mereka. Terima kasih, stay safe and healthy,” tulis Mona dalam unggahannya di Instagram yang menyertai fotonya tengah menggendong Balint.

Dalam keterangan foto, Mona mengungkapkan keprihatinannya mengapa dia melakukan gerakan tersebut. ”Kalau liat mata yg penuh harapan begini, kadang berfikir, gimana ya nasib anak2 yg nggak seberuntung balint? Anak-anak kehilangan orang tua karena Covid-19 merupakan salah satu dampak pandemi yang terlupakan.”

Lebih lanjut Mona memberikan data sebagai dasar gerakannya itu. ”Berdasarkan data dari Kementerian Sosial per 7 September 2021, terdapat 25.202 anak Indonesia telah menjadi yatim/piatu/yatim piatu. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dan berpotensi mengancam masa depan anak-anak.”

”Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk mereka? Kami–Mona dan Indra, bergerak #BersamaUntukAnak dengan @desaanaksos dan @kitabisacom untuk memastikan anak-anak Indonesia mendapatkan haknya, demi tetap cerahnya masa depan mereka.” Lantas disertai tagar #BersamaUntukAnak #desaanaksos #togetherforchildren.

Sejak merawat Balint, kesibukan Mona sebagai ibu mendadak jadi luar biasa. Sudah empat anak kandung yang dia urus. Namun Mona rela menambah satu anak lagi. Mengambil alih merawat Balint yang pada 6 September memasuki usia tiga bulan. Kasih sayangnya tak berbeda. ASI pun diberikannya meskipun tengah menyusui Numa, anak keempatnya.

Mona justru menikmati momen tersebut. ”Punya anak yang jarak umurnya deketan. Meriah dan seru setiap saat. Ini yanda @indrabrasco lagi mandiin balint, eh numa (anak bungsunya) pengen ikutan nyemplung. Dan adegan ini diakhiri dengan numa berhasil nyemplung sambil nyengir-nyengir Bahagia.”

Makin hari kasih saying Mona pada Balint bertambah. Dalam unggahan di Instagram pada 6 Oktober, Mona mengucapkan ulang tahun kepada anak susuannya itu. ”Selamat 3 bulan @balint_ratuliu sayaaaang!!! Alhamdulillah sekarang udah unduuuuddddh! Udah bisa senyum2 lagi kalau diajak ngomong. Mudah2an sehat terus ya nak. Jangan lupa senyum sampai besar ya. Love youuu.”

Perjuangan selebritas berusia 39 tahun merawat balita sekaligus itu asyiknya didukung Indra. Mona merasa beruntung memiliki suami yang juga mencintai keluarga besarnya termasuk Balint. Bahkan suaminya mau repot membantunya merawat anak-anak dan Balint.

Kepada banyak orang yang mengagumi upaya Indra itu, Mona menjawab: ”Ya ini yang namanya berkah. Punya suami yang penuh cinta. Hidup sepaket sama semua keluarga istrinya. Alhamdulillah. Untuk para suami2 hebat, makasih ya.”

Antusiasme selama merawat Balint kerap ditunjukkan Mona dengan membagikan momen-momen. Seperti kala memberikan ASI eksklusif untuk Balint dan putri bungsunya secara bersamaan. Semua tahu menyusui dua anak jelas bukanlah hal yang mudah bukan.

”Ooooh gini rasanya nyusuin 2 anak sekaligus,” tulisnya saat menceritakan putri bungsunya iri dengan sepupu saat sedang diberi ASI. Meskipun tak marah. Dia pun akhirnya minta ikut menyusu sekaligus. ”Ternyata numa nggak marah liat balint disusuin bunda. Malah minta nyusu bareng.”

Tak heran banyak yang menyemangati Mona sebagai ibu hebat. Itu sudah sejak awal ketika Mona memutuskan membawa Balint tinggal bareng bersamanya. Begitu istri dari Fernando Fransiscus Ratuliu meninggal dunia pada 8 Juli 2021 atau setelah dua hari melahirkan Balint. Mona bilang ingin keponakannya tetap mendapat ASI eksklusif.

Mona Ratulia mencium Numa dan membawa Balint di gendongannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: