Pulau D Siap Menjadi Tuan Rumah Formula E

Pulau D Siap Menjadi Tuan Rumah Formula E

Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E musim 2022. Sidang World Motor Sport Council pada Kamis lalu (15/10) memastikan Jakarta sebagai host satu di antara 12 seri tahun depan.

Jakarta akan menjadi tuan rumah seri kesembilan. Tepatnya pada 4 Juni 2022. Provinsi yang dipimpin Anies Baswedan itu tetap maju menjadi host, meski ada sejumlah penolakan baik dari DPRD sampai Greenpeace.

Formula E musim depan adalah musim kedelapan ajang balap formula mobil listrik paling bergengsi tersebut. Jakarta menggantikan Cape Town, Afrika Selatan, yang dicoret sebagai kandidat tuan rumah. Kondisi Covid-19 yang tidak kunjung membaik di sana, akibat gelombang keempat, menjadi penyebab. Artinya, penunjukan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E sekaligus membuktikan sukses Indonesia dalam penanganan Covid-19.

Selain Jakarta, ada dua kota lain yang debut menjadi tuan rumah Formula E. Vancouver di Kanada dan Seoul di Korea Selatan.

Berbeda dengan Formula 1 yang diselenggarakan di sirkuit permanen, Formula E diselenggarakan di sirkuit jalan raya. Di pusat-pusat kota. Hal itu dimungkinkan karena sifat balapan yang zero emission. Jadinya, mobil dengan kecepatan ratusan km per jam menyelinap di sela-sela landmark kota-kota tuan rumah.

Di Jakarta, pada awalnya kawasan Monumen Nasional disiapkan menjadi tuan rumah. Namun, rencana itu maju mundur karena belum ada lampu hijau dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) selaku pengelola kawasan Monas.

”Kemungkinan besar Formula E akan diselenggarakan di Pulau D tahun depan,” kata sumber di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. ”Secara infrastruktur sudah siap, sekaligus itu untuk promosi wisata kawasan utara DKI Jakarta,” lanjutnya.

Pulau D saat ini memang menjadi spot wisata favorit baru di Jakarta. Saat malam, sejumlah café dan restoran di sana penuh. Memiliki luas lebih dari 300 km persegi, Pulau D sudah siap menjadi tuan rumah Formula E.

Dalam jadwal yang dirilis FIA, ada satu slot tuan rumah lainnya yang masih tentatif. Yaitu pada 5 Maret 2022. Sejumlah kota di Tiongkok menjadi kandidat. Shanghai, Shenzhen, Chengdu, dan Sanya. Sanya, sebelumnya sudah dua kali menjadi tuan rumah pada 2018 dan 2019. (Nanang Prianto)

Jadwal Formula E 2022

28-29 Januari - Diriyah, Arab Saudi

12 Februari - Mexico City, Meksiko

5 Maret - TBC

19 Maret - Tiongkok

Sumber: