Comeback Pertama Persebaya, Tekuk Persipura 3-1

Comeback Pertama Persebaya, Tekuk Persipura 3-1

Persebaya mengamankan tiga poin dalam laga perdana Liga 1 2021/2022. Bermain di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Bajol Ijo menang 3-1 (0-0) atas Persipura Jayapura.

Ini adalah kemenangan ketiga Persebaya dari tujuh laga yang sudah dilakoni. Namun, inilah comeback pertama tim besutan Aji Santoso itu.

Persebaya yang menekan sejak menit pertama, malah tertinggal 0-1 melalui sontekan Ricky Kayame pada menit ke-53. Kayame menceploskan bola ke gawang Andhika Ramadhani memanfaatkan bola muntah tembakan jarak jauh gelandang Persipura.

Selang sepuluh menit kemudian, Jose Wilkson menyamakan kedudukan melalui titik putih. Setelah Ricky Kambuaya dijatuhkan dikotak terlarang. Lalu, beruntun Taisei Marukawa dan Bruno Moreira menjebol gawang Mutiara Hitam pada menit ke-70 dan ke-82.

”Alhamdulillah, Persebaya menang malam ini,” kata Azrul Ananda, presiden klub Persebaya. ”Semoga ini menjadi turning point, tim bisa bangkit dan meraih kemenangan meski sempat tertinggal,” lanjutnya.

Sejak menit pertama, Rachmat Irianto dkk sebenarnya sudah bermain rapi. Sejumlah peluang emas didapatkan. Termasuk Ricky Kambuaya yang sudah melewati bek bahkan kiper Persipura. Namun, umpan cut back-nya masih bisa diblok Fitrul, kiper Persipura. Kalau saja umpan itu tidak bisa diantisipasi, Persebaya akan mengakhiri babak pertama dengan keunggulan satu gol.

Sepanjang babak pertama, Rian dkk unggul penguasaan bola 60-40 persen. Tidak sekali pun Persipura menciptakan peluang emas. Kondisi yang jauh lebih baik dibandingkan laga-laga sebelumnya. Sebagai catatan, Persebaya memulai laga itu dengan catatan sebagai tim dengan kebobolan paling banyak.

”Terima kasih perjuangan teman-teman di lapangan, semoga dari comeback ini, kita bisa terus meraih kemenangan demi kemenangan. Percaya diri dan terus berjuang, dibarengi dengan energi positif, karena energi negatif hanya akan membawa efek negatif pada tim,” lanjut Azrul.

Tiga angka dari kemenangan atas Persipura membawa Bajol Ijo merangsek ke papan tengah. Menghadapi Persela pada laga pekan depan, Persebaya memiliki peluang cukup besar untuk menambah catatan kemenangan.

Sementara itu, di laga tersebut diwarnai kartu merah untuk Persebaya dan Persipura. Bruno Moreira terlibat keributan dengan Israel Wamiau. Bruno terpancing emosi setelah sebelumnya sempat dilanggar keras oleh pemain Persipura ketika akan melakukan serangan balik. Bruno dan Israel langsung dikeluarkan wasit. Menurut regulasi BRI Liga 1 2021/2022, Bruno harus absen sekali di laga berikutnya, yakni menghadapi Persela Lamongan.(Dika Afandi)

 

Sumber: