Ole Belum Setara Klopp, Pep, dan Tuchel

Ole Belum Setara Klopp, Pep, dan Tuchel

Ole Gunnar Solskjaer harus bekerja ekstrakeras. Ia belum punya kelas. Ia bukan Pep Guardiola. Ia juga bukan Jurgen Klopp atau Thomas Tuchel. Persoalan mendasar Manchester United sekarang adalah persoalan kapasitas manajernya yang belum pernah punya pengalaman menangani tim juara. Pernyataan keras itu disampaikan pundit sepak bola Jamie Carragher di Sky Sports, Selasa (19/10).

Kapasitas itulah yang membuat MU jadinya seperti sekarang. Terbaru, MU kalah 2-4 dari tuan rumah Leicester City di pekan kedelapan Liga Premier. MU, kata eks bek Liverpool, tidak bisa juara Liga Inggris dan Liga Champions.

Kenapa begitu? Jamie Carragher menunjuk sektor gelandang. Buat apa tim sekelas MU memainkan lima gelandang serang. Tatkala kehilangan bola, MU justru kebingungan menghadapi serangan balik lawan.

Paul Pogba, misalnya, harus ditarik lebih ke tengah untuk menempati sektor gelandang bertahan. Carragher menilai, sejak kedatangan Ronaldo, Ole kesulitan menempatkan posisi Pogba yang pas. Semestinya Pogba harus ditarik ke sektor gelandang bertahan untuk menjaga harmonisasi dan keseimbangan tim.

Kalau tidak begitu, MU akan kesulitan saat menjamu Atalanta di Liga Champions, Kamis dini hari. Ole harus benar-benar mencari format yang pas untuk mengakomodasi kehebatan kapasitas individual pemain Manchester United.

Keseimbangan di lini tengah adalah problem terbesar tim berjuluk Setan Merah. Kali ini MU harus menghadapi Atalanta yang dalam beberapa musim terakhir selalu merepotkan tim besar mana pun. (xam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: