Surabaya Level 1, Eri Genjot Ekonomi

Surabaya Level 1, Eri Genjot Ekonomi

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Surabaya akhirnya resmi masuk level 1. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi langsung fokus untuk membangkitkan lagi ekonomi Surabaya.

Salah satu bentuk kebangkitan ekonomi Surabaya adalah diperluasnya relaksasi di berbagai bidang. Pertunjukan kesenian dan tempat rekreasi hiburan umum (RHU) segera diizinkan kembali. Eri segera mengundang pelaku seni maupun pengusaha tempat hiburan. Mereka diajak membuat kesepakatan mengenai standar protokol kesehatan.

”Kami mau pengusaha sendiri yang melakukan pencegahan. Sehingga kalau ada masalah, mereka ikut bertanggung jawab,” ujar Eri saat berkunjung ke Harian Disway News House, Selasa (19/10/2021) siang.

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bakal menjadi perhatian serius. Ia mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkot membeli belanja produk UMKM.

”Uang yang di dapat dari Surabaya harus dikembalikan lagi ke Surabaya. Warga Surabaya harus merasakan perputaran ekonomi,” ujar Eri yang kemarin memakai sepatu buatan salah satu UMKM di Surabaya.

FOUNDER Harian Disway Dahlan Iskan dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam program Energy Disway Podcast, Selasa (19/10/2021). (Foto: Eko Suswantoro-Harian Disway)

Ketua Himpunan Pengusaha Rekreasi Hiburan Umum (Hiperhu) George Handiwiyanto mengapresiasi status PPKM level 1 Surabaya. Ia juga senang bila pemkot ingin berunding dengan pengusaha RHU. Maklum selama pandemi mereka hanya sempat buka 2 bulan.

George meminta agar minggu ini mereka bisa berunding dengan pemkot. ”Jadi pas Sabtu besok kami bisa buka lagi. Kalau asesmen, kami sudah pernah. Mungkin tinggal tambahi PeduliLindungi saja,” katanya. (Andre Bakhtiar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: