Kejanggalan Kasus yang Menyeret Kim Seon-ho

Kejanggalan Kasus yang Menyeret Kim Seon-ho

DRAMA Hometown Cha Cha Cha baru saja kelar, Kim Seon-ho sudah dihajar rumor mengerikan. Ia terseret dalam pusaran kasus yang melibatkan aktor berinisial K, yang melakukan gashlighting pada pacarnya. Yang kini sudah mantan. Seonhohada—fandom penggemar Seon-ho—tidak percaya bahwa aktor K yang dimaksud adalah si Anak Baik.

Sehari setelah rumor itu meledak, agensi Seon-ho, SALT Entertainment, merilis pernyataan. Isinya tidak tegas. Tidak membantah, tapi juga tidak membenarkan. Mereka minta maaf telah lambat merespons. Dan mengaku sedang melakukan fact checking. Alias menyelidiki fakta-faktanya.

’’Kami sedang mengecek dasar-dasar factual dari unggahan anonim itu. Dan karena faktanya belum jelas, kami memohon kalian semua untuk menunggu lebih lama lagi,’’ tulis SALT dalam pernyataan resminya. ’’Kami mohon maaf telah membuat kalian khawatir soal isu yang meresahkan ini,’’ lanjut SALT.

Kasus yang menyeret nama Seon-ho bermula pada Senin (18/10). Belum genap 24 jam dari finale drama yang dibintangi Seon-ho, Hometown Cha Cha Cha. Seorang netizen mengunggah tulisan di komunitas online Nate Pann. Intinya, dia mengungkap keburukan aktor berinisial K. Yang dia sebut bermuka dua dan tidak punya malu.

Netizen—sebut saja A—mengklaim bahwa dia hamil anak aktor K. Namun aktor tersebut meminta dia menggugurkan kandungan. Karena, berdasarkan kontrak, K tidak boleh ketahuan punya anak dulu. Karena itu akan merusak citranya sebagai aktor baik-baik. K bilang, ia harus membayar kompensasi kontrak sebesar KRW 900 juta, atau setara Rp 10,8 miliar, jika punya anak.

A menjelaskan, dia akhirnya menggugurkan kandungan tersebut. K hanya mengirim uang sebesar KRW 2 juta (sekitar Rp 24 juta) untuk menutup biaya operasi dan rumah sakit. Namun, empat bulan lalu, hubungan itu terendus media. K lantas memutuskan A via telepon.

Sejak awal, A sama sekali tidak menyebut nama Kim Seon-ho. Dia menggunakan inisial K. Yang berarti bisa siapa saja. Karena marga Kim sangatlah umum di Korea. K juga bisa Kwak, Kwon, atau Kang. Yang membuat rumor tiba-tiba mengarah ke Kim Seon-ho adalah salah satu media online. Yang menggunakan foto Kim Seon-ho—meskipun dipiksel—sebagai ilustrasi artikelnya.

Ketika masih simpang siur, nama Kim Seon-ho tiba-tiba disebut dengan jelas oleh YouTuber bernama Lee Jin-ho. Dia adalah mantan wartawan hiburan. Yang pernah dituntut karena menyebarkan rumor tidak benar soal perceraian Ahn Jae-hyun dan Koo Hye-sun. Lee Jin-ho merasa yakin bahwa aktor K adalah Kim Seon-ho. Hanya karena agensi Seon-ho, SALT Entertainment, tiba-tiba sulit dihubungi.

Kasus itu menjadi sangat janggal. Karena deskripsinya jauh sekali dengan karakter Seon-ho. Semua orang memang bisa berpura-pura di depan kamera. Namun, Seon-ho adalah member tetap acara ragam 2 Days & 1 Night. Di sana, sifat asli Seon-ho tergambar secara jelas. Ia adalah pria yang sangat ramah, sangat respek kepada siapa pun, terlebih perempuan. Ia lembut dan periang. Serta hangat kepada para kru.

Rekan-rekan aktor tidak pernah berbicara buruk tentang Seon-ho. Mereka selalu memujinya. Menyebutnya sebagai pria yang benar-benar tulus dan baik. Tidak pernah sekalipun ada komentar negatif tentang aktor 35 tahun tersebut.

Orang memang bisa berpura-pura di depan kamera. Namun, menurut psikolog Korea yang berbasis di AS, Jeanie Y. Chang, kita tidak bisa berpura-pura selama itu.

’’Sebagai psikolog klinis, aku sudah melakukan riset. Dan aku menemukan, bahwa seseorang tidak bisa memfabrikasi kepribadian. Aku tidak percaya bahwa orang bisa menunjukkan 99 persen kepalsuan di depan kamera. Aku tidak percaya itu,’’ papar Chang. (Retna Christa)

 

Sumber: