Pasukan Bersarung di Grahadi

Pasukan Bersarung di Grahadi

SARUNG dan santri bagaikan api dan asapnya. Tak pernah berpisah. Karena itu, pada peringatan Hari Santri 2021 di Gedung Negara Grahadi, kemarin (22/10), petugas dan peserta upacaranya juga bersarung. Pun Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak.

Hari Santri Nasional 2021 mengambil tema Santri Siaga Jiwa Raga. Bagi Pemprov Jatim maknanya adalah menyiapkan peran santri untuk berperan dalam kebangkitan di bidang ekonomi. Untuk berjihad melawan kemiskinan.

“Santri harus bisa jadi faktor penguat ekonomi Indonesia. Bahkan harus mampu menjadi motor penggerak ekonomi dunia,” ujar Khofifah. Ketua Umum PP Muslimat NU itu meminta  para santri tidak hanya fokus dalam hal  keagamaan saja. Tetapi juga ilmu lain yang menyangkut manajerial skill. Jiwa kewirausahaan pun harus ditumbuhkan. Baik di kalangan santri maupun pesantren.

Pemerintah Kota Surabaya juga mengadakan upacara Hari Santri Nasional, sore kemarin. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memimpin langsung upacara itu. Eri menyampaikan bahwa Pemkot Surabaya memberikan beasiswa untuk santri. Dari tingkat SD-SMA. (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: