The Lockdown Session, Elton John Kolaborasi dengan Nicky Minaj sampai Dua Lipa

The Lockdown Session, Elton John Kolaborasi dengan Nicky Minaj sampai Dua Lipa

MARET 2020, seharusnya Elton melakoni konser Farewell Yellow Brick Road. Yang menandai akhir perjalanan karirnya selama lebih dari lima dekade. Apa daya, pandemi yang melanda mengharuskan semua orang berada di rumah. Tentu megabintang yang telah merilis 30 album itu merasa sedih.

Konser batal, ia pun menghabiskan banyak waktu di rumahnya, di Los Angeles. Menonton Tiger King. Dan bermain ular tangga bersama keluarganya (ia sering kalah, ngomong-ngomong).

Sebagaimana seniman yang menghabiskan waktu di rumah karena pandemi, Elton menjadikan  lockdown sebagai momen ’’embebasan artistik”. Ia banyak membuat karya dan menggandeng anak-anak muda. Hasilnya ia bukukan dalam album The Lockdown Session. Yang dirilis Jumat lalu (22/10).

Yang diajak kolaborasi lumayan beragam. Mulai dari yang seangkatan, seperti Stevie Wonder. Sampai musisi-musisi belia. Seperti Nicky Minaj, Miley Cyrus, hingga Dua Lipa. Powerful!

Karena pandemi pula, rekaman dalam album itu tidak dilakukan secara tatap muka di studio. Para penyanyi merekam suaranya di rumah atau studio masing-masing. Saling berjauhan. Lalu di-mixing dengan suara Elton.

’’Kuakui, ada yang aneh dengan cara kerja ini. Aku keluar dari zona nyaman dan bekerja dengan cara yang benar-benar baru,’’ ujar pria berusia 74 tahun tersebut, seperti dikutip Rolling Stone. ’’Beberapa trek direkam dengan artis lain dan kami terpisah layar kaca,’’ tambah hitmaker Candle in the Wind tersebut.

Selain itu, proyek The Lockdown Session membawanya ke wilayah musikalitas yang baginya cukup asing. Sebab, album tersebut memuat materi lagu dari berbagai genre. Baginya, itu merupakan sesuatu yang baru.

Sebut saja single remix yang dibawakannya bersama Dua Lipa. Kemudian genre country bersama Glen Campbell dan Brandi Carlisle. Ada juga lo-fi indie grooves dengan Gorillaz. Ia membawakan lagu pop bersama Charlie Puth dan Jimmie Allen. Serta R&B dengan Lil Nas X. Dengan Stevie Nicks dan Stevie Wonder, lagunya bernuansa heritage jams. Sedangkan yang bareng Miley Cyrus memiliki sentuhan soft metal.

The Lockdown Session berisi 16 materi single yang diproduksi oleh EMI dan Mercury Records (Interscope Records, AS). Selain deretan nama-nama di atas, Elton juga berkolaborasi dengan Eddie Veder, vokalis Pearl Jam, Young Thug, mendiang 6LACK, Years & Years, Surfaces, dan penyanyi berdarah Jepang Rina Sawayama.

Album tersebut juga mengingatkan Elton tentang awal karirnya pada akhir 60-an sebagai musisi sesi. Ia menggarap musik dengan banyak musisi yang berganti-ganti. ’’Bekerja dengan artis yang berbeda selama lockdown membuatku teringat lagi masa-masa itu. Sampai saat ini pun, aku tetap musisi sesi,’’ ungkap musisi 74 tahun itu.

Sebelum dirilis, Elton telah meluncurkan single pembuka album tersebut. Yakni Cold Heart (PNAU Remix) dan Chosen Family bersama Rina Sawayama. Kedua lagu tersebut diunggah dalam beberapa platform musik dan telah meraih jumlah viewers yang fantastis.

Setelah The Lockdown Session, tahun depan Elton berencana memulai kembali konser tur Farewell Yellow Brick Road yang tertunda. Ah, tapi apakah itu berarti kita harus benar-benar mengucapkan farewell buat sang Rocketman? (Retna Christa-Guruh Dimas)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: