Tangkapan Sabu-Sabu Terbesar di Laos

Tangkapan Sabu-Sabu Terbesar di Laos

REKOR itu dipecahkan oleh kepolisian Laos kemarin. Mereka menyita sabu-sabu. Jumlahnya, kata seorang pejabat PBB, adalah yang terbesar di Asia.

Sebanyak 55,6 juta tablet sabu-sabu dan 1,5 ton sabu-sabu disita pada Rabu tengah malam. Menurut perwakilan regional Badan Narkoba dan Kejahatan PBB Jeremy Douglas, itu adalah tangkapan tunggal terbesar.

"Ini adalah tiga kali lipat tablet sabu yang ditangkap Laos sepanjang tahun lalu,," kata Douglas kepada Agence France-Presse.

Laos dalam beberapa tahun terakhir menjadi pintu gerbang bagi pengedar narkoba yang dari negara bagian Shan yang bermasalah di Myanmar. Tren tersebut telah terasa meningkat dalam beberapa bulan terakhir, diperburuk oleh kudeta Februari dan keruntuhan ekonomi di Myanmar.

Sitaan teranyar itu diambil dari truk Beer Lao di provinsi Bokeo, Laos utara. Kawasan itu memang sering disebut sebagai wilayah Segitiga Emas. Zona penyelundupan narkoba yang terkenal di perbatasan Myanmar, Laos dan Thailand.

Lao Brewery, perusahaan bir itu, mengeluarkan pernyataan yang menyangkal keterlibatan mereka."Kami sangat kecewa peti kami telah disalahgunakan sebagai penutup untuk kegiatan ilegal," kata perusahaan itu. Mereka juga menegaskan bahwa truk tersebut tidak terdaftar di perusahaan. (Doan Widhiandono)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: