BTS Borong Empat Trofi di MTV Europe Music Awards 2021

BTS Borong Empat Trofi di MTV Europe Music Awards 2021

DOMINASI Bangtan Sonyeondan (BTS) di Eropa berlanjut. Jungkook dkk kembali menjadi peraih trofi terbanyak dalam MTV Europa Music Awards (EMAs) 2021. Dalam seremoni yang digelar di Budapest, Hungaria, Minggu malam lalu (kemarin dini hari, Red), BTS mengumpulkan empat piala. Mereka memenangi setiap kategori yang dinominasikan.

Keempat trofi itu berasal dari kategori Best Group, Best K-pop, Best Pop, dan Biggest Fan. Jumlah trofi itu sama dengan yang mereka kumpulkan dari ajang yang sama tahun lalu. Jika ditotal, sejak 2014, BTS sudah mengumpulkan 14 trofi dari MTV EMAs. Terbanyak dibandingkan musisi mana pun di dunia.

Dalam kategori Best Pop, BTS kembali mengalahkan nama-nama besar musik dunia. Baik dari Eropa maupun AS. Seperti Ed Sheeran, Dua Lipa, Justin Bieber, hingga Olivia Rodrigo. Sedangkan dalam kategori Biggest Fans, mereka mengalahkan sejumlah penyanyi yang terkenal punya fans militan. Seperti Ariana Grande, Taylor Swift, serta BLACKPINK.

Kemenangan itu terasa spesial. Sebab, ada dua musisi top Eropa yang baru saja merilis karya dalam dua bulan terakhir. Yakni Adele, yang bulan lalu melepas single Easy on Me. Serta Ed Sheeran. Yang dua pekan lalu merilis album bertajuk = (dibaca Equals).

BTS, di sisi lain, tahun ini memang produktif. Namun, karya mereka dilepas agak lama dari penyelenggaraan MTV EMAs. Single terakhir RM dkk adalah Permission to Dance, dirilis pada 23 Juli lalu. Hanya saja, September lalu, mereka sempat menyumbangkan suara buat lagu terbaru Coldplay, My Universe.

Ketujuh cowok Bangtan tidak hadir di Budapest. Mereka sedang sibuk menyiapkan konser offline di Los Angeles, akhir bulan ini. Itu bakal jadi konser offline perdana mereka di masa pandemi. Namun, kemarin mereka sempat merekam pesan buat fans. Mereka berterima kasih atas dukungan ARMY—sebutan fans BTS—sepanjang tahun ini.

’’Tahun ini kami merilis Butter. Lalu Permission to Dance. Juga berkolaborasi dengan Coldplay dalam My Universe. Dan masih banyak lagi. Banyak kerja sama, tapi banyak pencapaian individu juga,’’ papar RM, meringkas aktivitas mereka selama 2021. ’’Berkat ARMY, kami merasa bahwa tahun ini sangat berarti,’’ lanjut leader BTS itu. (Retna Christa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: