Tingkatkan Literasi Jurnal, UWKS Gandeng ULM

Tingkatkan Literasi Jurnal, UWKS Gandeng ULM

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) terus menggenjot peningkatan mutu. Salah satunya memperbanyak kegiatan di bidang pembuatan jurnal. Kemarin, mereka menggandeng FK Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dalam pengembangan jurnal internasional.

Dekan FK UWKS Prof Suhartati menjelaskan, ini merupakan program yang dibuatnyi untuk meningkatkan mutu FK. Salah satunya dengan menggandeng FK ULM. Dia berharap mutu jurnal dari UWKS bisa lebih baik dari sebelumnya. Terutama jurnal yang bertaraf internasional. ”Kami terus mendorong agar membuat jurnal menjadi kebiasaan sivitas FK UWKS,” ujarnya.

Kepala Unit Penelitian Pengembangan dan Publikasi (UP3) UWKS Budi Setiawan menjelaskan, belajar bersama membuat jurnal merupakan cara untuk meningkatkan jurnal. Semakin baik kualitas jurnal, tentu akan berpengaruh pada akreditasi FK.

Ke depannya UP3 bakal menggandeng mahasiswa untuk mempublikasikan jurnal internasional. Namun sebelum mencapai ke sana, Budi bakal mengajak para pengajar UWKS membuat jurnal internasional. Dalam setahun FK UWKS bisa menerbitkan 2 buah jurnal.

”Sementara masih belum terindeks ke Scopus ya. Harapnnya suatu saat bisa terindeks. Sementara kami masih terindeks google scholar dan SINTA,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Jurnal dan HaKI FK ULM Eko Suhartono menjelaskan acara yang diselenggarakan itu merupakan dalam rangka pertukaran reviewer jurnal. Serta pertukaran editor artikel.

Menurutnya, dalam pengelolaan jurnal ada tiga hal yang penting. Pertama ketersediaan artikel, kedua ketersediaan reviewer ketiga ketersediaan editor. Selama ini banyak artikel yang kurang bagus. Meskipun jumlahnya cukup banyak.

Reviewer juga penting. Biasanya artikel sudah ada, tapi reviewer geraknya lama. Jadinya tidak segera terbit jurnalnya,” ujarnya.

Sebenarnya kerja sama antarkampus sudah berlangsung lama. Namun penandatanganan MoU sebgai penguat kerja sama antarkedua belah pihak. (Andre Bakhtiar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: