Nominasi Grammy 2022 Dikuasai Olivia Rodrigo dan Billie Eilish

Nominasi Grammy 2022 Dikuasai Olivia Rodrigo dan Billie Eilish

MASA Taylor Swift, Ed Sheeran, dan Ariana Grande sepertinya sudah berlalu. Nama mereka sudah tidak cukup sakti lagi untuk merajai Grammy Awards 2022. Meski single dan album mereka sepanjang tahun ini mendapat tanggapan positif dari publik, mereka tidak bisa mendominasi daftar nomine yang dibacakan Selasa lalu (kemarin dini hari WIB, Red).

Sebaliknya, daftar itu diisi oleh nama anak-anak muda. Seperti Olivia Rodrigo (18 tahun) dan Billie Eilish (19). Keduanya sama-sama mengumpulkan tujuh nominasi. H.E.R (24) Doja Cat (26), dan Justin Bieber (27), masing-masing memborong delapan nominasi.

Meski begitu, kejutan terbesar terjadi pada pengumpul nominasi terbanyak. Bukan Adele. Melainkan Jon Batiste. Penyanyi dan pianis jazz berusia 35 tahun itu menguasai daftar nomine dengan menembus 11 kategori! Mulai dari kategori utama—seperti Rekaman dan Album Terbaik—hingga kategori khusus di genre jazz, R&B, serta musik klasik. Keren!

Bukan hanya fans yang terkejut. Batiste sendiri melongo selama mendengarkan pembacaan nominasi. Bagaimana tidak? Namanya disebut 11 kali. ’’11!!!!!!!’’ Ia mencuit tak percaya di Twitter. ’’Eh, aku lahir 11 November sih. Angkanya 11/11,’’ lanjutnya, berusaha menghubung-hubungkan tanggal cantik.

Rodrigo tidak kalah melayang. Pelantun Happier itu menguasai empat kategori utama sekaligus. Yakni Rekaman Terbaik, Album Terbaik, Lagu Terbaik, dan Artis Muda Terbaik. Rekaman dan Lagu Terbaik didapat oleh lagu debutnya yang luar biasa populer: Drivers License. Sedangkan Album Terbaik adalah apresiasi buat album perdana dia, Sour.

Gadis kelahiran Murrieta, California, itu sampai membeli kue untuk merayakan kesuksesan tersebut. Tulisannya, ’’You Did It, B*tch!’’ Dia mengaku tidak mengikuti live streaming pembacaan nominasi. Dia masih tidur. Ketika bangun, eh ada berita dia memborong tujuh nominasi Grammy Awards.

’’Ketika masih kecil, keluargaku tinggal beberapa blok dari Staples Center, tempat Grammy digelar setiap tahun. Aku sering berjalan-jalan di luar arena itu. Demi melihat plakat-plakat bertulisan nama pemenang di lantai. Aku memandangi semuanya dengan mata terbuka lebar,’’ kisah Rodrigo di Instagram. 

Kalau punya waktu bebas di akhir pekan, dia juga selalu mengunjungi museum Grammy. Karena dia selalu terkesan dengan sejarah ajang penghargaan itu. Juga mengagumi semua musisi yang pernah meraihnya. ’’Banyak mimpiku yang jadi nyata tahun ini. Tapi sepertinya ini, masuk nominasi Grammy, adalah yang paling bermakna,’’ lanjut dia.

Sementara itu, buat Billie Eilish, Happier Than Ever benar-benar membuat dia lebih bahagia daripada yang sudah-sudah. Baik single maupun album Happier Than Ever membukukan tujuh nominasi. Termasuk tiga kategori utama: Album, Rekaman, dan Lagu Terbaik. Dia juga meraih Penampilan Solo Terbaik, Album Pop Terbaik, serta Video Musik Terbaik.

Satu nominasi lagi diraih oleh film konser Happier Than Ever: A Love Letter to Los Angeles. ’’Ini ENGGAK NYATAAAAAA!!!,’’ Eilish menulis di Twitter. ’’Benar-benar gila… bangun pagi dengan mendengar berita seperti ini. Terima kasih Recording Academy. TERIMA KASIH! TUJUH DONG,’’ lanjut cewek yang sudah mengoleksi tujuh trofi Grammy tersebut.

Istimewanya, kakak Eilish, Finneas, juga mendapatkan nominasi. Lho, kan biasa? Musisi sekaligus produser album-album Eilish itu sudah pernah memenangkan delapan piala. Namun, kali ini jadi spesial, karena ia dinominasikan sebagai performer! Musisi 24 tahun itu masuk nominasi sebagai Artis Baru Terbaik. Selamat buat semua nomine! (Retna Christa)  

 

Jon Batiste

(11 Nominasi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: