Kejutan Nominasi Grammy 2021, dari BTS hingga Taylor Swift

Kejutan Nominasi Grammy 2021, dari BTS hingga Taylor Swift

BTS

Ambisi BTS untuk memenangi Grammy perdana mereka ditumpahkan habis-habisan pada musim panas lalu. Mereka merilis Butter, yang sepenuhnya berbahasa Inggris. Dan digarap produser-produser top dari AS. Namun, itu tidak cukup untuk menembus ketatnya persaingan level Grammy. Butter hanya menembus satu nominasi. Yakni kategori Penampilan Grup/Duo Pop Terbaik. Sama seperti tahun lalu. Padahal, baik ARMY—sebutan fans BTS—maupun pengamat sepakat. Bahwa lagu energik itu pantas untuk setidaknya bersaing di kategori utama. Seperti Lagu atau Rekaman Terbaik.

 

Taylor Swift

Perasaan Swifties—fans Taylor Swift—saat ini mirip seperti ARMY. Sedih dan nyesek. Dia hanya berhasil masuk di satu kategori saja. Yakni Album Terbaik. Lewat rilisan kejutan pada Desember 2020, evermore. Namun ya sudah, itu saja. Tidak ada satu pun single dari album itu yang masuk nominasi. Bahkan di kategori khusus pop sekalipun. Termasuk Willow, single andalan yang ditampilkan Taylor pada Grammy Awards 2021 Maret lalu.

 

ABBA

Nah, kalau ini bisa dibilang kejutan menyenangkan. ABBA, yang sudah bermusik selama hampir setengah abad—tepatnya 48 tahun sejak mereka merilis album debut—akhirnya masuk nominasi Grammy! Lagu I Still Have Faith in You menjadi salah satu nomine Rekaman Terbaik. Ya, ini nominasi Grammy pertama buat grup yang populer dengan lagu Mamma Mia!, Fernando, dan Chiquitita tersebut. 

I Still Have Faith in You termuat dalam album Voyage. Yang merupakan album kesembilan ABBA. Sekaligus yang pertama dalam 40 tahun terakhir. Lagu bergenre ballad itu kali pertama muncul pada September. Ia langsung disusul oleh single kedua, Don’t Shut Me Down, yang lebih up-tempo. Seperti lagu-lagu ABBA pada umumnya.  

 Aneh sebenarnya, kalau grup yang telah berkarya sejak 1972 tidak pernah meraih Grammy. Namun, bisa jadi, karena mereka berasal dari Swedia. Dan hanya aktif merilis album sampai 1981. Satu-satunya momentum mereka paling dekat dengan Grammy adalah pada 2015. Ketika nama Bjorn Ulvaeus dkk masuk ke Hall of Fame Recording Academy.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: