Owen Lihat Talenta Muda Surabaya di Tambaksari

Owen Lihat Talenta Muda Surabaya di Tambaksari

KERJA SAMA Surabaya dan Liverpool di bidang sepak bola berlanjut. Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins melihat pembibitan pesepak bola muda di Stadion Gelora 10 November kemarin (1/12).

Kerja sama itu terjalin sejak era Wali Kota Tri Rismaharini. Pemkot pernah memberangkatkan 15 pemain muda Surabaya ke Akademi Tranmere Rovers di Liverpool pada akhir 2018.

Salah seorang yang ikut berangkat adalah Muhammad Supriadi yang kini memperkuat Persebaya dan timnas U-19. Saat itu tim dari Surabaya menang 5-2 atas Wrexham U-14.

Sampai sekarang, program diklat sepak bola ke Liverpool itu belum diadakan lagi. Kendati demikian, Owen menegaskan, kerja sama dalam sepak bola harus terus dilanjutkan. ”Belum lama ini sudah digelar pendidikan bagi pelatih dan guru olahraga dari Tranmere Rovers secara daring. Saya senang sekarang bisa melihat langsung jajaran pelatih itu,” ungkap Owen.

Sejumlah pelatih sekaligus veteran Persebaya hadir di cara itu. Di antaranya, Anang Ma’ruf, Mursyid Effendi, Yusuf Ekodono, Maura Heli, Muharom Rusdiana, Yongky Kastanya, dan Usnadi.

Owen mengatakan, sepak bola Indonesia punya potensi besar untuk berkembang. Ia juga melihat bahwa Surabaya menjadi gudang pemain timnas. Karena itulah, kerja sama sister city di bidang sepak bola terjalin sejak 2018.

Ia juga menyinggung terpilihnya Surabaya sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar tahun ini. Tapi, FIFA mengundur acara itu hingga 2023.

Kesempatan itu sulit didapatkan lagi. Ia berharap kerja sama terus berlanjut sehingga ia bisa ikut menonton Piala Dunia itu. ”Program sepak bola ini adalah satu dari banyak kerja sama yang telah membuahkan hasil sejak pertemuan 2018,” jelasnya.

Ada juga kerja sama di sektor pendidikan. Banyak universitas yang menawarkan program beasiswa ke Inggris. Salah satunya Liverpool Dortmund University. Satu dari sepuluh universitas terbaik di bidang olahraga.

Wali Kota Eri Cahyadi tidak bisa hadir dalam acara itu karena ada agenda lain. Ia mengucapkan terima kasih karena Liverpool sudah banyak berbuat untuk Surabaya. ”Semoga jalinan sister city ini akan terus menciptakan talenta-talenta hebat lainnya,” ujar fans Manchester United tersebut. (Salman Muhiddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: