Pemain Naturalisasi Tak Terpakai di Timnas Piala AFF 2020

Pemain Naturalisasi Tak Terpakai di Timnas Piala AFF 2020

ADA dua kejutan dari masuknya 30 nama yang didaftarkan PSSI untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF 2020 di Singapura. Pertama, tidak adanya nama beberapa pemain keturunan yang sebelumnya disebut diminta Shin Tae-yong. Misalnya, Sandy Walsh, Kevin Diks, Mees Hilgers, dan Jordi Amat. Empat pemain naturalisasi itu sebelumnya digadang-gadang bakal membela timnas di Piala AFF.

Empat pemain tersebut batal bergabung karena terkendala administrasi. Hasani Abdulgani, anggota Exco PSSI, mengatakan bahwa proses naturalisasi empat pemain itu paling cepat Januari 2022. Artinya, tidak mungkin bisa memperkuat timnas di Piala AFF.

Kejutan lain ialah tak masuknya striker Bali United Ilija ”Spaso” Spasojevic dalam skuad Shin Tae-yong. Padahal, striker naturalisasi itu menduduki daftar pencetak gol terbanyak di kompetisi Liga 1 musim ini. Spaso kini mengoleksi 12 gol. Ketajaman itu nyatanya tak menarik Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut lebih sreg dengan deretan penyerang macam Kushedya Heri Yudo dari Arema Malang. Publik boleh saja kecewa. Namun, keputusan mutlak di tangan Shin Tae-yong.

Yang menarik, Persebaya kembali menjadi penyumbang pemain terbanyak di skuad tim nasional yang akan tampil di Piala AFF 2020 di Singapura. Empat di antara 30 nama yang diangkut Shin Tae-yong dari Persebaya. Mereka adalah Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, dan Ernando Ari Sutaryadi (kiper).

Dua nama terakhir saat ini masih membela Persebaya di kompetisi Liga 1. Keduanya baru bertolak setelah pertandingan terakhir Persebaya lawan Persib Bandung, 8 Desember.

Ridho dan Ernando adalah lima pemain tambahan yang disusulkan Shin Tae-yong. Sebelumnya, timnas sudah memanggil 25 nama yang dibawa ke pemusatan latihan di Turki, sejak awal November lalu.

Di Piala AFF, timnas Indonesia tergabung di grup B. Bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Timnas pun memiliki sederet modal kemenangan yang dibawa dari Turki. Dari tiga kali uji coba, timnas kalah 0-1 dari Afghanistan. Lalu, menang telak 4-1 atas Myanmar. Dan, menang lawan tim lokal Turki, Antalyaspor, 4-0, di Limas Football Complex, Antalya, Turki (28/11).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan dukungan penuh kepada pemain-pemain pilihan Shin Tae-yong. Menurutnya, 30 pemain yang dipilih adalah pemain terbaik Indonesia. Mereka adalah kombinasi pemain yang turun di Liga 1 2021/2022 dan pemain yang merumput di luar negeri.

Mereka yang bermain di luar negeri adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town/Inggris), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korsel), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’zim/Malaysia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia).

"Ini kombinasi pemain yang bagus. Rata-rata usia skuad ini masih muda. Masa depan tim ini saya yakin akan cerah. Saya sebagai ketua umum PSSI pasti akan mendukung mereka habis-habisan. Saya dan beberapa Exco PSSI juga akan berangkat ke Singapura untuk mendukung mereka. Insya Allah mereka bisa menjadi juara,’’ imbuh Iriawan.

Indonesia terakhir menjadi juara di kawasan ASEAN pada SEA Games 1991. Suatu pencapaian yang bahkan belum bisa diulangi lagi oleh generasi berikutnya hingga sekarang. (Gunawan Sutanto)

30 Pemain Tim Nasional Indonesia di Piala AFF Suzuki 2020

Kiper:
1. Muhamad Riyandi (Barito Putera)
2. Nadeo Arga Winata (Bali United)
3. Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)
4. Syahrul Trisna Fadillah (Persikabo)

Bek:
5. Fachruddin Aryanto (Madura United)
6. Victor Chukwuekezie Igbonefo (Persib)
7. Ryuji Utomo Prabowo (Penang FC)
8. Alfeandra Dewangga Santosa (PSIS)
9. Elkan William Tio Baggott (Ipswich Town)
10. Pratama Arhan Alif Rifai (PSIS)
11. Moh. Edo Febriansah (Persita)
12. Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya)
13. Rizky Dwi Febrianto (Arema FC)
14. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
15. Marckho Sandi Merauje (Borneo FC)

Tengah:
16. Evan Dimas Darmono (Bhayangkara FC)
17. I Kadek Agung Widnyana Putra (Bali United)
18. Rachmat Irianto (Persebaya)
19. Ahmad Agung Setia Budi (Persik Kediri)
20. Ricky Richardo Kambuaya (Persebaya)
21. Syahrian Abimanyu (Johor Darul Tazim)
22. Irfan Samaling Kumi (PSS Sleman)
23. Ramai Melvin Rumakiek (Persipura)
24. Witan Sulaeman (Lechia Gdanks)
25. Egy Maulana Vikri (FK Senica)
26. Yabes Roni Malaifani (Bali United)

Depan:
27. Kushedya Hari Yudo (Arema FC)
28. Dedik Setiawan (Arema FC)
29. Hanis Saghara Putra (Persikabo)
30. Ezra Harm Ruud Walian (Persib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: