Persebaya Sumbang Pemain Terbanyak di Timnas Piala AFF 2020

Persebaya Sumbang Pemain Terbanyak di Timnas Piala AFF 2020

PSSI akhirnya mengumumkan 30 pemain pilihan timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 di Singapura pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Lima di antara seluruh nama yang dipanggil merupakan tambahan dari 25 pemain yang sebelumnya sudah mengikuti pemusatan latihan di Turki. Dalam daftar tambahan tersebut, ada dua pemain dari Persebaya, yaitu Rizky Ridho dan Ernando Ari.

Kedua pemain tersebut akan menyusul Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya yang lebih dulu bergabung timnas. Rian dan Ricky sudah ikut dalam program pemusatan latihan Shin Tae-yong sejak awal bulan November.

Dengan begitu, Persebaya menyumbang empat pemainnya untuk timnas Indonesia. Sumbangan empat nama menjadikan tim kebanggaan arek-arek Suroboyo sebagai klub penyumbang terbanyak di timnas edisi kali ini.

Arema FC berada di bawahnya dengan jumlah tiga pemain: Rizki Dwi, Kushedya Yudo, dan Dedik Setiawan. Bali juga mengirim tiga pemain, yakni Nadeo Argawinata, Kadek Agung, dan Yabes Roni. Sisanya, klub lain cuma mengirim dua perwakilan, bahkan banyak yang cuma satu seperti Madura United, Persita Tangerang, dan Borneo FC.

Pelatih Persebaya bangga timnya menyumbang pemain terbanyak ke timnas. Sikap itu berbeda dengan sebelumnya, saat Aji dan Persebaya mengkritik timnas yang memanggil lima pemain Persebaya.

”Saya bangga anak-anak banyak yang dipanggil timnas. Nah, besok waktu AFF kompetisi juga jeda, jadi ya menurut saya tidak apa-apa, kami mendukung. Kita harus memberikan yang terbaik," ungkap mantan pelatih timnas Indonesia tersebut.

Namun, persetujuan Aji tidak serta-merta membuatnya langsung melepaskan dua pemain tersebut. Rizky Ridho dan Ernando Ari dipastikan tidak berangkat bersama dengan pemain timnas lain yang bertolak ke Singapura hari ini.

Keduanya baru ikut bergabung dengan timnas 9 Desember mendatang. Atau setelah Persebaya menghadapi big match lawan Persib Bandung pada 8 Desember.

"Mereka berangkat 9 Desember. Poinnya, klub dan timnas dapat win-win solution. Jadi, tidak ada yang dirugikan," tandasnya. (Gunawan Sutanto)

 Tim Penyumbang Pemain Timnas Terbanyak
(Lebih Dua Pemain)

Persebaya (4 Pemain)

1. Rachmat Irianto
2. Ricky Kambuaya
3. Rizky ridho
4. Ernando Ari Sutaryadi

Bali United (3 Pemain)

1. Nadeo Argawinata
2. Kadek Agung
3. Yabes Roni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: