Astra Kejar Transaksi Rp 1 Triliun di GIIAS Surabaya

Astra Kejar Transaksi Rp 1 Triliun di GIIAS Surabaya

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 seri Surabaya dibuka hari ini (8/12) dan akan berlangsung hingga 12 Desember nanti. Sukses GIIAS di Jakarta diharapkan bakal terulang di Surabaya.

Model dan teknologi otomotif terbaru bakal dihadirkan di Grand City Convex. Brand yang hadir meliputi Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, MG, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Mobil-mobil listrik terbaru juga akan dihadirkan di sana.

Sebanyak 25 persen pasar otomotif ada di Jawa Timur. Karena itulah penutupan GIIAS di Surabaya diharapkan bisa memicu pertumbuhan bisnis otomotif yang sempat terpuruk selama pandemi.  ”Surabaya dan Jatim adalah kunci penting dalam mendorong percepatan industri otomotif nasional,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam keterangan resminya kemarin (7/12).

Tahun lalu GIIAS ditiadakan karena pandemi. Tahun ini Covid-19 memang masing ada. Namun, keadaan sudah jauh terkendali. Ia berharap situasi itu menjadi titik balik pertumbuhan industri otomotif.

Data Gaikindo Januari-September 2021 menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam sektor otomotif. Selama 9 bulan terjadi 600.344 penjualan mobil baru. Angka itu tumbuh sebesar 47,4 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2020.

Penjualan kendaraan bermotor roda dua juga tumbuh 31 persen. Hingga September terjadi penjualan 3,8 juta unit sepeda motor baru.

Project Director Astra Financial GIIAS 2021 Gunawan Salim yakin kesuksesan di Jakarta November lalu akan terulang lagi. Total transaksi yang ditargetkan Astra selama GIIAS adalah Rp 800 miliar. “Di Jakarta saja sudah Rp 830 miliar. Kalau ditambah dengan Surabaya transaksi bisa mencapai Rp 1 triliun,” jelasnya.

Gunawan mengakui pasar otomotif memang belum sepenuhnya pulih. Meski begitu, ia menargetkan capaian transaksi lima hari ke depan mencapai Rp 200 miliar. Target itu ditetapkan berdasarkan capaian GIIAS Surabaya 2019.

Astra Financial yang menjadi sponsor utama GIIAS akan membuka stan di tengah-tengah area pameran. Mereka menghadirkan tujuh lembaga keuangan. Yakni Astra Credit Companies (ACC), Federal International Finance (FIF), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Maucash, dan AstraPay. Masing-masing menawarkan promo untuk calon pembeli. (Salman Muhiddin)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: