Korban Letusan Semeru, Sekampung pun Harus Pindah

Korban Letusan Semeru, Sekampung pun Harus Pindah

DUSUN Kebondeli Utara di Kampung Renteng memang terdampak parah letusan Semeru. Sekitar 65 rumah tertimbun guguran awan panas. Ada 22 rumah yang sama sekali hilang. Dan 43 rumah hanya terlihat bagian gentingnya saja. 

Selasa (7/12), puluhan warga datang datang ke desanya. Mengecek kondisi rumah. Salah satunya ada Satimah yang datang bersama suami dan anaknyi. Rumahnyi hanya tersisa bagian gentingnya saja. “Iki baru oleh ndelok omah,” katanyi sambil sesenggukan menangis sambil menggendong putrinyi,

Presiden Joko Widodo juga berkunjung ke Lumajang pada hari itu. Sayang, ia tak sempat meninjau Kampung Renteng. Hanya mengecek warga terdampak di posko pengungsian. Serta melihat ambruknya Gladak Perak.

Jembatan penghubung Lumajang-Malang itu bakal segera dibangun kembali. Selain itu, ada 2.072 rumah yang pemiliknya harus pindah. Rumah-rumah itu rusak parah. Rencananya, rumah warga Kampung Renteng itu bakal dipindahkan ke area Jatian milik Perhutani. “Segera kami putuskan di mana lokasinya,” kata Presiden. (Mohamad Nur Khotib)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: