Pakai Botox, Unta Dilarang Ikut Kontes Kecantikan

Pakai Botox, Unta Dilarang Ikut Kontes Kecantikan

STANDAR kecantikan itu memang kerap dibikin-bikin. Saking ngebetnya mengejar ’’standar’’ itu, orang bahkan rela melakukan apa pun. Tidak hanya orang. Unta juga. Atau, orang-orang pemilik unta. Mereka sampai merekayasa penampilan untanya agar binatang itu mendapat predikat tercantik.

Itu terjadi dalam King Abdulaziz Camel Festival di sebuah gurun di utara Riyadh, Arab Saudi, awal bulan ini. Dalam ’’kontes kecantikan unta’’ tersebut, 40 peserta sampai didiskualifikasi. Sebab, mereka terindikasi curang. Unta-unta itu disuntik Botox agar tampil lebih aduhai. Agar bibir mereka lebih dower, lebih seksi. Agar hidung mereka lebih rata, lebih menawan.

Kontes tersebut memang berhadiah sangat wah. Pemenang mendapatkan duit senilai USD 66 juta atau sekitar Rp 950 miliar. Para juri menilai kecantikan unta berdasar bentuk kepala, lekuk leher, lengkung punuk, postur, hingga aksesoris tambahan.

Nah, para pemilik unta pun melakukan apa pun demi kemenangan. Selain suntikan Botox di hidung, bibir, hingga punuk, ada juga unta yang menjalani facelift. Beberapa terindikasi menggunakan filler agar wajah lebih cling. Yang lain sampai menyuntikkan karet ke beberapa bagian tubuh agar lebih seksi.

Associated Press menulis bahwa ini adalah skandal terbesar dalam sejarah kontes itu. Pada 2018, juri mendiskualifikasi 12 unta karena melakukan kecurangan yang sama.

Ah, ternyata unta-unta pun harus dipaksa tampil dengan bibir merekah bak Angelina Jolie… (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: