Miliarder Jepang, Turis Antariksa Pertama sejak 2009

Miliarder Jepang, Turis Antariksa Pertama sejak 2009

PERJALANAN itu memakan waktu enam jam lebih. Berangkat dari Kosmodrome Baikonur, Kazakhstan, Rabu (8/12) sekitar pukul 14.00 WIB. Kendaraannya adalah roket Soyuz. Tujuannya adalah Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Yang istimewa adalah dua penumpangnya: Yuzaku Maezawa dan Yozo Hirano. Mereka dipiloti oleh Alexander Misurkin, kosmonot Rusia.

Sekitar pukul 21.00, mereka sudah sampai di Poisk, modul milik Rusia di stasiun antariksa yang mengorbit di ketinggian 408 kilometer dari bumi itu.

Perjalanan itu memang istimewa. Sebab, ini kali pertama ada turis ke luar angkasa sejak 2009.

Ya, Maezawa benar-benar membiayai sendiri penerbangan itu. Menurut BBC, Maezawa—juragan jual-beli busana online itu membayar USD 88 juta (sekitar Rp 1,2 triliun). Ia mengajak Hirano, kawan sekaligus produsernya.

Ngapain Maezawa terbang sebegitu tinggi dan sebegitu mahal? Selain melihat luar angkasa, ternyata ia mau bikin konten YouTube. Selama 12 hari tinggal di situ, Maezawa akan membuat video kehidupan mereka sehari-hari.

Miliarder berusia 46 tahun itu bahkan sudah membuat daftar berisi 100 hal yang harus ia kerjakan di luar angkasa.

Sebelum mereka tiba, ISS sedang dihuni oleh tujuh orang. Termasuk seorang astronot Jepang dan dua kosmonot Rusia. ’’Kami sudah menyiapkan makan malam. Ini masih menunggu tingkap (yang menghubungkan Soyuz dan ISS) terbuka beberapa jam lagi,’’ cuit Anton Shkaplerov, kosmonot Rusia yang ada di dalam ISS.

Maezawa dan Hirano adalah warga sipil Jepang kedua dan ketiga yang mengangkasa. Sebelumnya ada jurnalis Toyohiro Akiyama yang mengunjungi stasiun luar angkasa Mir milik Uni Soviet pada 1990.

Perjalanan itu dipastikan bukan yang pertama bagi Maezawa. Dua tahun lagi, ia sudah berencana membawa 8 orang untuk mengelilingi bulan naik wahana SpaceX, perusahaan milik Elon Musk. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: