Kaleidoskop Pemerintah Kota Pasuruan;  Gerak Cepat Wujudkan Madinah van Java 

Kaleidoskop Pemerintah Kota Pasuruan;   Gerak Cepat Wujudkan Madinah van Java 

Kota Pasuruan terus berbenah. Lewat tagline ”Kota Madinah” (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Warganya). Tahun 2021 bertabur inovasi dan prestasi.  Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dan Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo menargetkan inovasi dalam program pembangunan daerah dan SDM tahun depan semakin terarah. 

---

GUS IPUL dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di aacara Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia.

SEPANJANG 2021, Pemkot Pasuruan langsung bergerak cepat untuk melakukan perbaikan di berbagai sektor. Dampak pandemi covid-19 yang belum usai menjadi salah satu fokus utama Gus Ipul dan Mas Adi untuk membuat terobosan mengembalikan roda ekonomi daerah. Fokus pertama adalah menggenjot vaksinasi untuk masyarakat Kota Pasuruan. Terobosan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Pasuruan di antaranya, sosialisasi lewat pendekatan humanis pada warga yang belum divaksin; vaskinasi pada warga binaan Lapas; menggandeng pihak lain untuk menyediakan vaksinasi gratis; menyediakan rumah vaksinasi yang berlokasi di Taman Kota, Jalan Pahlawan Kota Pasuruan. Hasilnya, Kota Pasuruan masuk level 1 PPKM pada akhir Agustus 2021, dan capaian warga tervaksin mencapai 93 persen. 

GUS IPUL menjadi tamu podcast Energy Disway oleh Dahlan Iskan. 

Untuk memulihkan kondisi perekonomian daerah, Wali Kota Pasuruan Gus Ipul dan Wakil Wali Kota Pasuruan Mas Adi memacu semua perangkat daerah di lingkungan Pemkot Pasuruan untuk menciptakan program inovatif. Lahirlah ”Madinah Mart” pada Agustus 2021, yang merupakan aplikasi belanja ke pasar rakyat cukup menggunakan gawai. Madinah Mart sukses membantu para pedagang pasar menaikkan omset dagangannya kembali. 

Selain itu, Gus Ipul juga rajin mengunjungi sentra-sentra UMKM Kota Pasuruan dan memberikan kesempatan UMKM untuk mempromosikan dagangannya di acara pameran Pemkot Pasuruan dan lewat Radio Ramapati. Perhatian lainnya untuk mengangkat potensi daerah dengan diselenggarakannya Festival Bandeng Jelak pada November 2021. 

WAKIL WALI KOTA Pasuruan Adi Wibowo menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

Kebijakan lain yang merupakan program inovatif Pemkot Pasuruan membantu masyarakat yang terdampak pandemi adalah rutin menyelenggarakan penyaluran bansos pada warga yang membutuhkan uluran tangan. Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari ASN di lingkungan Pemkot Pasuruan. Pada Agustus 2021, Pemkot Pasuruan lewat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman menggratiskan sewa rusunawa.

Selain itu, Pemkot Pasuruan juga menggelar Liga antar kampung (Tarkam) untuk membangkitkan semangat seluruh elemen masyarakat. Liga Tarkam diselenggarakan di Stadion Untung Suropati Kota Pasuruan sejak pertengahan September 2021. 

WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf menandatangani kerja sama penyusunan master plan Smart City. 

Membangun kembali sektor pariwisata, Gus Ipul menjalin kerjasama dengan PTPN III (Persero) membahas Pembangunan Kawasan Wisata Terintegrasi pada Juli 2021. Tujuannya, membangun pariwisata dengan konsep integrasi yakni wisata sejarah, wisata edukasi, dan wisata religi. Selain itu, Gus Ipul dan Mas Adi juga terus mendorong Kota Pasuruan sebagai Smart City, di antaranya dengan menyiapkan eks Mal Poncol sebagai Mal Pelayanan Publik. 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga melaunching pelayanan Go Digital pada Desember 2021. Dan di Desember 2021 lewat Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Pasuruan me-launching pelayanan ”Panggilan Darurat 112”. 

WAKIL WALI KOTA Pasuruan Adi Wibowo (dua dari kiri) saat sosialisasi Dukcapil Go Digital.

Pada Mei 2021, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Pada Agustus 2021 salah seorang siswa SMAN 4 Pasuruan Anggita Larasati terpilih menjadi Paskibraka Nasional. Kemudian sejumlat atlet Kota Pasuruan menjadi perwakilan Jawa Timur untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Kemudian pada November 2021 Pemerintah Kota Pasuruan meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Layanan Publik yang diserahkan Menpan-RB Tjahjo Kumolo. (adv/Lailiyah Rahmawati)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: