Astra Finansial Cetak Transaksi Rp 1 Triliun di GIIAS

Astra Finansial Cetak Transaksi Rp 1 Triliun di GIIAS

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Grand City Convex Surabaya berakhir Minggu (12/12). Pameran otomotif yang digelar selama lima hari itu dihadiri 26.149 pengunjung.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi tak menduga antusiasme Surabaya begitu tinggi. Ia berharap GIIAS 2021 dapat mendorong pemerataan industri Otomotif di Jatim. “Meski dalam kondisi pandemi, antusiasme warga untuk datang begitu tinggi,” kata Yohannes dalam keterangan resminya kemarin (13/12). 

GIIAS 2021 Surabaya 2021 dihadiri berbagai merek otomotif. Mulai dari Wuling, Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan VW.  Selain itu, ada produk roda dua seperti Honda dan Benelli.

Seperti biasanya, panitia mengumumkan booth terfavorit dan kendaraan yang paling banyak dicoba. Hyundai berhasil menyabet juara booth kendaraan penumpang terbaik.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) membawa Hyundai Creta. Produk ini termasuk dalam lini SUV dan dibanggakan sebagai produk buatan Indonesia.

Hyundai juga memamerkan Hyundai Satria, All-New Hyundai Palisade, dan Hyundai KONA Electric. Hyundai memang menjadi salah satu merek yang paling gencar memasarkan mobil listriknya. KONA Electric itu dihargai Rp 697 juta.

Honda yang memperkenalkan SUV RS Concept mendapat penghargaan sebagai booth industri pendukung terfavorit. Mereka juga membawa serta sepeda motor CB150X, Super Cub C125, dan Big Bike Honda Rebel di stan terpisah.

Sementara mobil yang paling banyak dijajal adalah Mitsubishi New Xpander Ultimate. Mobil itu juga mencetak rekor di GIIAS 2021 Jakarta bulan lalu dengan penjualan 2.623 unit.

Astra Financial and Logistic (AFL) sebagai sponsor utama juga meraih sukses. Mereka menarget transaksi Rp 200 miliar di Surabaya. Capaian mereka mencapai Rp 205 miliar. “Kami berterima kasih karena kepercayaan masyarakat ke AFL begitu tinggi,” ujar Project Director AFL di GIIAS 2021 Gunawan Salim.

AFL group membawa Astra Credit Company (ACC), PT Federal International Finance (FIFGROUP), Toyota Astra Finance (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Maucash, dan AstraPay.

Jika digabungkan dengan capaian di Jakarta, total transaksi AFL mencapai Rp 1,035 triliun. Capaian ini melampaui capaian GIIAS 2019 yang cuma dapat Rp 1 triliun.

Gunawan melihat semua capaian itu tidak terlepas dari kebijakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP). Pembeli bisa menghemat ongkos beli mobil sampai 10 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: