Tidur Dini Hari, Tak Sabar Ikut Pameran

Tidur Dini Hari, Tak Sabar Ikut Pameran

Anak-anak yang didampingi Istana Karya Difabel (IKD) tidak boleh jago kandang. Mereka harus membuktikan bahwa karyanya bisa diterima khalayak umum. Sebagian dari mereka sudah membuktikan tantangan itu. Sampai Gubernur Khofifah Indar Parawansa memberikan atensi khusus.

SUMARTI diminta siap-siap Rabu (8/12). Tim Gubernur Khofifah Indar Parawansa akan datang menjemput putranya, Rizky Gusti Preyambodo, untuk mengikuti Seminar Inklusi Tingkat Jatim di Hotel Batu Suki di Kota Batu Kamis (9/12).

Rizky diundang mewakili IKD Surabaya. Ia dapat stan khusus untuk memajang lukisannya. “Kami harus sudah siap sore. Magrib dijemput tim Bu Khofifah,” kata Sumarti, Selasa (14/12).

Putra semata wayangnya itu girang sekali begitu tahu akan diajak ke Kota Batu. Akhirnya bisa jalan-jalan, melihat langsung pemandangan pegunungan yang biasa ia lukis di kanvas.

Sepanjang perjalanan, Rizky tidak tidur. Sampai di hotel, Sumarti memintanya langsung beristirahat. Pukul 07.00 ia sudah harus siap di area pameran. Ada delapan lukisan yang harus disiapkan. 

Sumarti resah malam itu. Rizky tidak mau tidur. Remaja 18 tahun itu terlalu bersemangat untuk menyongsong esok hari. "Saya rayu sampai pukul 2 pagi baru mau tidur. Ia janji bakal bangun tepat waktu," kata perempuan yang tinggal di Semolowaru itu.

Rupanya Rizky menepati janjinya. Ia cuma tidur dua setengah jam. Ia sudah siap-siap mandi dan ganti baju pukul 04.30.

Energi anaknya memang begitu besar. Saat di rumah, ia bisa seharian melukis sampai lupa tidur. Sejak mengenal kanvas dan cat minyak, Rizky menemukan passion-nya. Lukisannya pasti laku saat pameran. Apresiasi dari pembeli mendorongnya terus melukis.

Penyandang autisme memang bisa super fokus pada satu bidang. Hingga ia sangat mahir di bidang itu. Ada banyak tokoh dunia yang sukses dengan menyandang autisme.

Komposer The Marriage of Figaro: Wolfgang Amadeus Mozart salah satunya. Semasa kecil ia susah menjalin komunikasi dengan orang di sekitarnya. Namun, ia ternyata memiliki pendengaran yang sangat sensitif. Mozart memiliki kemampuan tala mutlak atau tala sempurna. Ia bisa mengenali nada dengan benar tanpa bantuan sonometer. Berkat fokus itu, karya-karya magisnya bisa kita nikmati sampai akhir zaman. 

Ilmuwan Isaac Newton juga penyandang autisme. Penemu teori gravitasi itu adalah seorang penyendiri dan punya problem berinteraksi. Keluarganya sempat mengeluarkan Newton kecil dari sekolah. Ia diarahkan jadi petani karena kemampuan akademiknya masih kurang.

Untungnya ia tidak putus sekolah lama-lama. Ia melanjutkan studinya dan tekun mempelajari matematika, fisika, hingga astronomi. Newton akhirnya menjadi salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa. 

 Sumarti yakin ada hikmah di balik autisme itu. Ia mulai merasakannya sejak Rizky mengenal seni lukis enam bulan terakhir di IKD. Kini doa dan tangisan berubah jadi senyuman. 

Begitu selesai mandi, Rizky langsung siap menuju ke lokasi pameran. Ada tenant khusus untuknya. Tertulis Rizky IKD di bagian poni tenda pameran itu.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menghampiri stan Rizky di pameran dan seminar inklusi Jatim di Hotel Suki Kota Batu, 9 Desember.

"Saya kaget, ketika Bu Khofifah hadir, beliau langsung mendatangi kami," ujar Sumarti dengan antusias. Ini bukan pertemuan pertama. Rizky sudah beberapa kali bertemu ibu gubernur. Namun di setiap pertemuan itu Sumarti selalu dag-dig-dug

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: