Bahu Kiri Sakit, Waswas Cedera Lama Ernando Ari Kambuh

Bahu Kiri Sakit, Waswas Cedera Lama Ernando Ari Kambuh

ADA kejutan dalam laga timnas Indonesia kontra Vietnam tadi malam. Nama Ernando Ari Sutaryadi tiba-tiba tidak muncul sebagai starter. Padahal, sebelumnya, kiper Persebaya itu tertera dalam daftar sebelas pemain yang dimainkan sejak menit awal. Di lapangan, posisinya digantikan Nadeo Argawinata yang sebelumnya menjadi cadangan.

Ternyata Ernando cedera saat pemanasan. Sayang, tak jelas, cedera apa yang dialami Ernando. Asisten pelatih timnas Nova Arianto membenarkan bahwa Ernando cedera. Tanpa menyebut di mana cederanya.

”Enggak apa-apa. Cuma sedikit cedera. Ini lagi diobservasi sama tim dokter,” kata Nova Arianto. Persebaya sendiri mendapatkan informasi bahwa Nando -sapaan akrab Ernando- mengalami masalah pada bahu kirinya. 

Dalam tayangan televisi, Ernando sempat disorot berada di bangku cadangan sambil memegang bahu kiri lengannya.  Jika memang area itu yang dikeluhkan, itu bisa menjadi kabar buruk bagi timnas dan Persebaya. Pada Agustus 2020, Ernando sempat naik meja operasi. Bahu kirinya bermasalah saat menjalani pemusatan latihan timnas U-19.

Sebelum berangkat ke Singapura, Ernando juga bermasalah dengan bahunya. Kali ini sisi kanan. Didapat saat Persebaya bertanding melawan Persita Tangerang. Ernando ditarik di menit ke-52 akibat dislokasi bahu. Akibat cedera tersebut, Ernando melewatkan dua laga Persebaya, yakni saat lawan Persik Kediri (28/11) dan Barito Putera (4/12).

Kiper kelahiran Semarang itu baru kembali merumput saat Persebaya menghancurkan Persib 3-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Rabu (8/12). Penampilan Ernando waktu itu gemilang. Beberapa kali ia melakukan penyelamatan penting. Benar-benar sudah pulih.

Kegemilangan itu berlanjut di timnas Indonesia. Ernando sudah tampil penuh saat Indonesia menang 5-1 atas Laos. Catatan itu sebetulnya berlanjut saat lawan Vietnam. Shin Tae-yong sudah menunjuknya sebagai kiper utama. Sayang, cedera saat pemanasan membuatnya harus menepi. (Gunawan Sutanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: