3 Hari Diputar, Spider-Man: No Way Home Langsung Raup Pendapatan Rp 3,5 Triliun

3 Hari Diputar, Spider-Man: No Way Home Langsung Raup Pendapatan Rp 3,5 Triliun

SONY PICTURES dan Marvel Studios bisa bernafas lega. Sangat lega. Rilisan terbaru mereka, Spider-Man: No Way Home terbukti ampuh mengembalikan taji mereka di box office. Pada hari pertama penayangan di AS, Jumat lalu (17/12), film yang dibintangi Tom Holland dan Zendaya itu langsung meraup USD 121,5 juta. Atau Rp 1,75 triliun. 

Dengan penghasilan tersebut, mereka diprediksi bisa mencapai target pendapatan lebih dari USD 200 juta pada opening weekend saja. Selama tiga hari, No Way Home diproyeksikan membawa pulang USD 242 juta. Alias Rp 3,5 triliun. Whohooo!

’’Wow, guys. Aku enggak percaya angka-angka ini. Kalian yang membuatnya terjadi,’’ tulis Tom Holland di Instagram kemarin. ’’Cinta dan dukungan kalian sangat berarti buatku. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Dan kalau kalian belum menonton Spider-Man: No Way Home… well, selamat Natal. Kalian tahu apa yang harus dilakukan,’’ tambahnya.

Prestasi yang dicetak No Way Home tidak pernah dialami film mana pun sejak pandemi menerjang dunia pada awal 2020. Film terakhir yang membukukan pendapatan pekan pertama melebihi pagu USD 100 juta adalah Avengers: Endgame. Yang tayang beberapa bulan sebelum pandemi. Film terakhir dari Marvel Cinematic Universe fase ketiga itu meraup USD 350 juta di AS dan Amerika Utara saja sepanjang tiga hari pertama pemutaran.

Oh ya, pendapatan hari pertama No Way Home yang mencapai USD 121,5 itu juga lebih tinggi daripada seri Spider-Man mana pun. Baik yang dibintangi Tobey Maguire, Andrew Garfield, maupun Tom Holland sendiri. Sebagai perbandingan, pada 2017, Spider-Man: Homecoming meraup USD 117 juta (Rp 1,68 triliun). Sedangkan Far From Home ’’hanya’’ mendapatakan USD 92 juta (Rp 1,32 triliun) dalam sehari.

Angka USD 121,5 juga dipastikan menempati urutan kedua penghasilan hari pertama tertinggi sepanjang sejarah sinema. Kisah si manusia laba-lama hanya selevel di bawah Endgame. Yang saat itu meraup USD 157,4 juta (atau Rp 2,26 triliun) di AS dan Kanada saja. Keren!

Rasa penasaran yang sangat tinggi terhadap installment ketiga Spider-Man versi Tom Holland, plus ketakutan akut terhadap spoiler, mendorong fans untuk segera menonton di hari pertama. Di Indonesia pun begitu. Sejak diputar pada Rabu (15/12), bioskop selalu penuh. Terutama yang menggunakan layar IMAX.

Namun, setelah fans menonton pada akhir pekan pertama, bukan berarti pendapatannya akan turun. Bisa jadi, malah makin naik. Karena No Way Home—bukan yang terbaik—benar-benar mampu melayani keinginan fans. Respons positif dari moviegoer yang sudah menyaksikan bikin makin banyak orang untuk berbondong-bondong ke bioskop.

Apalagi, kritikus juga bilang No Way Home dieksekusi dengan sangat bagus. Kritikus utama Variety Peter Debruge bilang bahwa ini adalah petualangan meta yang memuaskan. Rotten Tomatoes memberinya rating 94 persen. Dengan approval rating audiens mencapai 99 persen. Bagaimana tidak gemas kepingin nonton? (Retna Christa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: