Home Charging Mobil Listrik Didiskon 30 Persen

Home Charging Mobil Listrik Didiskon 30 Persen

PEMERINTAH bakal menghentikan impor bahan bakar minyak (BBM) pada 2030. Target nol emisi ditetapkan pada 2060. Karena itulah, infrastruktur kendaraan listrik mulai banyak disiapkan.

Jumlah mobil listrik yang beredar ditargetkan mencapai 2 juta unit pada 2030. Sementara itu, sepeda motor listrik 13 juta unit. Di tahun yang sama, jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU) harus mencapai 30 ribu titik. SPBU mulai tergeser.

Berbagai insentif ditawarkan untuk menarik minat pemilik kendaraan bermotor. Salah satunya pemberian diskon. ”Tarif untuk pengisian mobil kami diskon sampai 30 persen,” ujar Senior Manager Niaga PLN UID Jawa Timur Fintje Lumembang.

Untuk mendapat diskon itu, pemilik kendaraan listrik tinggal menghubungi PLN wilayah terdekat. Ada tim khusus yang membantu pemasangan instalasi charger.

Meteran listrik akan dipisahkan dari meteran induk rumah. Diskon berlaku pukul 22.00 hingga 05.00. ”Jadi, mobil listrik yang sudah hemat itu masih didiskon,” katanyi.

PLN memang memiliki kelebihan listrik saat malam. Pemakaian listrik turun saat orang-orang tidur. Karena itulah, pemilik mobil listrik diharapkan memanfaatkan momentum itu.

Fintje mengatakan, saat ini belum banyak yang memanfaatkan promo tersebut. Namun, ia meyakini pada 2022 jumlahnya lebih meningkat tajam.

Hyundai yang mulai menjual Kona Electric sudah merambah pasar Jatim. Iklannya sudah ada di mana-mana. Termasuk reklame tiga dimensi di Jalan Tunjungan, Surabaya.

Dealer resmi Tesla juga berdiri di Surabaya sejak 11 Desember. Sementara itu, Wuling Motors berencana memproduksi mobil listrik murah khusus untuk Indonesia.

Keringanan lain yang ditawarkan adalah pajak penjualan barang mewah (PPnBM) nol persen. Itu berlaku untuk kendaraan bermotor berteknologi battery electric vehicle (BEV) serta fuel cell electric vehicle (FCEV).

Pemilik Authorized Tesla Dealer di Surabaya Roy Adidharma menginformasikan semua kemudahan itu ke calon pembeli. Dukungan dari pemerintah akan meningkatkan nilai jual mobil listrik nasional. ”Tesla sekali charge penuh cuma Rp 75 ribu. Kalau didiskon, ya tinggal Rp 50 ribu,” katanya.

Tesla Model 3 yang sudah ia jual bisa menempuh 410 kilometer dalam sekali isi penuh baterai. Surabaya–Semarang bisa ditempuh tanpa mengisi daya.

Roy berharap jumlah SPKLU di tol trans-Jawa ditambah. Ia memimpikan para pemilik Tesla bisa mengemudikan mobil pintarnya dari Surabaya–Jakarta atau bahkan Jakarta–Bali tanpa bingung mencari stasiun pengisian baterai.  (Salman Muhiddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: