Said Aqil Atau Yahya Staquf Sama Baik

Said Aqil Atau Yahya Staquf Sama Baik

ADA dua nama yang mengerucut dalam bursa pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU). Mereka adalah KH Said Aqil Siroj dan KH Yahya C. Staquf. Zannuba Arifah Chafsoh atau biasa disapa Yenny Wahid tidak mempersoalkan siapapun yang terpilih. Putri kedua almarhum H Abdurrahman Wahid itu menilai kedua tokoh itu pemikirannya sama.

"Secara pemikiran, beliau-beliau itu memang keduanya murid Gus Dur," kata Yenny di lokasi pembukaan Muktamar NU di Pesantren Darussaadah, Lampung, Rabu (22/12).

Baik Said Aqil dan Yahya Staquf sama-sama memasang foto Gus Dur di baliho-baliho mereka. Baliho Yahya Staquf bertulisan: Menghidupkan Gus Dur. Sedangkan baliho Said Aqil bertulisan: Melanjutkan Perjuangan Gus Dur.

Menurut Yenny, Said dan Yahya memiliki kapasitas mengartikulasikan dan menerjemahkan gagasan-gagasan Gus Dur. Sehingga, kata Yenny, bagi keluarga Gus Dur, bersaingnya dua tokoh itu menjadi ketua umum PB NU adalah sesuatu yang membanggakan.

Muktamar ke-34 NU kemarin dibuka oleh Presiden Jokowi. Tema muktamar kali ini adalah Kemandirian Warga NU Untuk Perdamaian Dunia. Menurut Jokowi, ada potensi besar pada NU. Terutama para santri yang masih muda. Hanya saja perlu dirajut kembali hingga menjadi satu kekuatan lokomotif. ”Maka saya yakin mereka bisa menarik banyak gerbong untuk kesejahteraan bersama,” tandasnya.

Untuk itu, Jokowi menyiapkan konsesi. Baik untuk lahan pertanian maupun minerba. Fasilitas itu ditujukan langsung kepada para santri muda NU. Agar bisa dikelola dengan baik untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat.

”Yang muda-muda bisa dibuatkan wadah. Bisa PT atau pun kelompok usaha yang besar,” ungkapnya. Begitu juga dengan kemajuan teknologi. Ia berharap para santri muda NU bisa memanfaatkannya dengan baik. (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: