Naik Angkutan Umum, Anak-Anak Wajib PCR

Naik Angkutan Umum, Anak-Anak Wajib PCR

PERGERAKAN masyarakat dibatasi pada momen libur Natal dan tahun baru. Syarat perjalanan diperketat. Baik pada transportasi darat, laut, atau udara.

Seluruh penumpang berusia 17 tahun ke atas harus sudah divaksinasi lengkap. Mereka juga harus menyerahkan hasil negatif berdasar hasil rapid test yang diambil maksimal 24 jam sebelumnya. Itu berlaku mulai hari ini hingga 2 Januari 2022.

Anak di bawah 12 tahun tak ada syarat wajib vaksinasi. Tetapi, mereka harus menyerahkan hasil negatif tes usap PCR.

Stasiun Kereta Api Daerah Operasi 8 Surabaya menghadirkan layanan tes PCR sejak kemarin (23/12). Layanan itu khusus untuk anak-anak. Harganya Rp195.000 selama periode natal dan tahun baru. 

“Hari ini ada tiga anak saja yang tes,” kata Ayu Nur Indah Sari, seorang tenaga kesehatan yang bertugas di layanan tes PCR di Stasiun Gubeng. Dia baru membuka layanan di hari pertama sejak siang. Tiga anak itu masing-masing berusia 6, 8, dan 10 tahun. Mereka akan berangkat ke Depok. 

Persyaratan PCR bagi penumpang anak-anak itu memang kali pertama diberlakukan. Ada tiga stasiun di Daop 8 Surabaya yang membuka layanan tes PCR. Yakni, Stasiun Gubeng, Pasar Turi, dan Malang. 

“Jadi, calon pelanggan harus memperhitungkan waktu tes dan keberangkatannya agar masa berlaku hasil tes PCR-nya masih valid," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif. Ia juga mengingatkan beberapa persyaratan lain. Yaitu calon penumpang harus menunjukkan kartu identitas dan tiket yang sudah dibayar. 

Menurutnya, penumpang KA pada momen natal dan tahun baru kali ini relatif turun jika dibandingkan 2020. Sebab, kata Luqman, persyaratan penumpang diberlakukan lebih ketat.

Petugas KAI hanya akan memberangkatkan penumpang dengan syarat yang lengkap. Para petugas akan memperketat pengawasan dan penjagaan. Itu untuk mencegah persebaran Covid-19. “Semuanya dalam rangka menyediakan layanan yang aman, nyaman, sehat, dan selamat di masa pandemi,” ungkap Luqman.

PT KAI juga masih menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis di 2 lokasi: Stasiun Gubeng dan Stasiun Malang. Tersedia juga layanan tes rapid antigen di 10 stasiun. Yakni, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan, Babat, Kepanjen, dan Wonokromo. Harganya Rp 45 ribu. (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: